FBS Unnes Apel Berbahasa Jawa

Senin, 23 Februari 2015 | 15:05 WIB


FBS Unnes Apel Berbahasa Jawa
SIHONO/HUMAS

Hari Bahasa Ibu Internasional pada 21 Februari diperingati oleh Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS Unnes) dengan apel pagi menggunakan bahasa Jawa, Senin (23/2).

Selain menggunakan bahasa Jawa, para petugas apel yang merupakan dosen di Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa juga menggunakan busana adat Jawa. Mereka menggunakan beskap dan blangkon lengkap dengan keris yang terselip di pinggang.

“Mengeti dinten basa Ibu menika, sanget penting supados kita boten supe kaliyan basa ingkang dados ciri jati dhiri kita piyambak (Memperingati Hari Bahasa Ibu sangatlah penting supaya kita tidak lupa bahasa yang telah menjadi jati diri kita sendiri),” kata Yusro Edy Nugroho, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa yang menjadi pembina apel.

Ia menyatakan selain sebagai kewajiban, konsistensi penggunaan bahasa Jawa juga merupakan wujud pemertahanan dan kaderisasi penggunaan bahasa Jawa. Dalam lingkup keluarga, Yusro mengajak orang tua untuk menggunakan bahasa Jawa sebagai alat komunikasi agar anak tidak canggung dalam menggunakannya.

Terkait imbauan Gubernur Ganjar Pranowo tentang kewajiban pemakaian busana adat Jawa setiap sebulan sekali di lingkungan Pemerintah Provinsi Jateng, Yusro meminta agar busana yang dikenakan juga sesuai dengan pakem. Dengan begitu, menurutnya, para pemakainya tidak sekadar menggugurkan kewajiban.

Dekan FBS Unnes, Prof Agus Nuryatin, menyatakan penggunaan bahasa Jawa di Unnes telah dilakukan semenjak universitas ini mencanangkan diri sebagai Universitas Konservasi pada 2010. Hal itu, menurutnya, sesuai dengan visi konservasi budaya di kampus ini.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.147 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X