Dua Peraturan Rektor Terbit tentang Tahun Reputasi dan Spirit Konservasi

Selasa, 21 Februari 2017 | 11:47 WIB


Dua Peraturan Rektor Terbit tentang Tahun Reputasi dan Spirit Konservasi

Foto ilustrasi courtesy oleh http://unnesdailyphoto.blogspot.co.id/

Sesuai dengan rekomendasi Asesor Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) disarankan untuk segera menerbitkan peraturan dan keputusan Rektor untuk setiap kebijakan yang berhubungan dengan tata kelola universitas. Sesuai dengan rekomendasi tersebut Rektor menerbitkan dua peraturan Rektor mengenai “Kebijakan Tahun Reputasi” dan ” Spirit Konservasi Universitas Negeri Semarang”.

Peraturan Rektor Nomor 5 Tahun 2017 tentang Kebijakan Tahun Reputasi memiliki tujuan untuk menjabarkan kebijakan prioritas Rektor pada tahun 2017 sebagai tahun Reputasi. Kebijakan prioritas tersebut adalah: penguatan kapasitas kelembagaan, penguatan akreditasi program studi nasional dan regional, pengembangan reputasi akademik internasional, integrasi konservasi dalam tri darma perguruan tinggi, revitalisasi LPTK, peningkatan layanan prima dan manajemen risiko, peningkatan produktifitas dan efisiensi sumber daya, pengembangan prestasi internasional dan karakter mahasiswa, pengembangan implementasi kerja sama di tingkat regional dan peningkatan income generating university yang bersumber pada kegiatan akademik dan non-akademik.

Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2017 tentang Spirit Konservasi Universitas Negeri Semarang diterbitkan dengan maksud menjabarkan spirit konservasi dan lambang spirit konservasi. Menurut peraturan tersebut spirit konservasi UNNES adalah arum luhuring pawiyatan ing astanira. Spirit tersebut memiliki makna rumah ilmu pengembang peradaban unggul. Spirit konservasi diwakili dengan lambang konservasi yang ada di puncak tugu konservasi UNNES. Lambang tersebut hanya dapat digunakan untuk keperluan: (1) tugu konservasi dan (2) replika tugu konservasi untuk pemberian penghargaan konservasi. Spirit konservasi ditopang tiga pilar yaitu: nilai dan karakter, seni dan budaya, serta sumber daya alam dan lingkungan.

Selain dua peraturan rektor di atas, Rektor juga mengeluarkan Keputusan Rektor Nomor 68 /U/2017 tentang Mars Universitas Negeri Semarang. Berikut adalah tautan untuk ketiga dokumen tersebut.

http://unnes.ac.id/wp-content/uploads/170221115955_0001.pdf

http://unnes.ac.id/wp-content/uploads/170221115923_0001.pdf

http://unnes.ac.id/wp-content/uploads/170221115836_0001.pdf

 

 

 


DIUNGGAH : Hendi Pratama Dibaca : 285 kali
EDITOR : Hendi Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *