Dosen Unnes Mengajar Bahasa Indonesia di Thailand

Senin, 25 Juni 2012 | 9:43 WIB


Dosen Unnes Mengajar Bahasa Indonesia di Thailand
DOK/HUMAS

Dosen BIPA (bahasa Indonesia bagi penutur asing) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Wati Istanti, menjadi dosen tamu di King Mongkuts University Techonology Thailand. Hingga bulan Agustus 2012, ia bersama 6 dosen BIPA dari berbagai universitas di Indonesia lainnya akan mengajar di Negeri Gajah Putih itu.

Penyerahan 7 dosen BIPA ke 7 universitas di Thailand, seperti dilansir laman www.atdikbangkok.com, telah dilaksanakan di KBRI Bangkok oleh Dubes RI, belum lama ini. Dalam kesempatan itu diserahkan pula 350 buku penunjang pembelajaran.

Pengajar BIPA yang mengajar di 7 universitas di Thailand selama 2 bulan, merupakan program kerja Atdikbud KBRI Bangkok dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand. Selain itu diharakan meningkatkan jumlah warga Thailand yang menguasai bahasa Indonesia yang dalam mendukung kerja sama investasi, ekonomi, pariwisata, pendidikan, kebudayaan dan IPTEKS antara kedua belah pihak, dan menyiapkan bahasa Indonesia sebagai “The Second Language” di ASEAN.

Peserta BIPA di 7 universitas di Thailand tahun 2012 berjumlah 500 orang. Peserta terdiri dari mahasiswa, dosen, pejabat perguruan tinggi, pegawai administrasi, dan guru besar di masing-masing universitas.

Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Prof Fathur Rokhman menuturkan, semakin banyak mahasiswa serta pimpinan di lingkungan perguruan tinggi Thailand serta akademisi yang menguasai bahasa Indonesia, berdampak positif bagi peningkatan citra Indonesia. “Perkembangan tersebut juga akan meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, terutama pendidikan,” ujar Prof Fathur.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.458 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “Dosen Unnes Mengajar Bahasa Indonesia di Thailand

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X