Dosen Seni Rupa Dewa Made Karthadinata Berpulang

Kamis, 7 Agustus 2014 | 16:36 WIB


Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Dewa Made Kartadhinata meninggal dunia, Kamis (7/8). Pria berperawakan tinggi besar ini menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 10.00 WIB karena sakit jantung.

Jenazah disemayamkan di kediaman, Jalan Dewi Sartika Raya 33 Sampangan, Gajahmungkur. Tampak puluhan rekan kerja dan mahasiswa berkunjung untuk menyampaikan penghormatan terakhir.

Ketua Jurusan Seni Rupa Drs Syafii MPd mengabarkan, Dewa Made sempat dirawat di Rumah Sakit dr Kariadi tiga pekan lalu. Setelah kondisinya membaik, beliau pulang dan sudah beraktivitas seperti biasa.

“Menurut rencana, beliau akan dikremasi besok di Krematorium Kedungmundu, Semarang,” katanya.

Dewa Made Karthadinata lahir di Nusa Penida, Bali, 18 November 1951. Ia menempuh pendidikan dasar dan pendidikan menengah pertama di kampung halamannya, Nusa Penida. Ia kemudian melanjutkan sekolah menengah atas di Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) di Denpasar, Bali pada jurusan seni patung.

Lulus dari SSRI, ia melanjutan pendidikan sarjana muda dan sarjana di Sekolah Tinggi Seni Rupa “ASRI” Yogyakarta. Setelah bergabung menjadi staf pengajar IKIP Semarang pada 1984, ia melanjutkan pendidikan pada program studi manajemen pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Selain akademisi, Dewa Made dikenal sebagai pematung. Sejumlah karyanya dapat disaksikan hingga kini di Taman Budaya Raden Saleh.

Ia juga dikenal dekat dengan mahasiswa. Pasalnya, ia pernah mendapat amanat sebagai Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FBS pada 2007 hingga 2011.

“Beliau sosok bapak yang teramat bijak, sahabat yang sangat perhatian, seniman yang penuh kreativitas, dan dosen yang menginspirasi,” kenang Kunto Nurcahyoko, alumni Jurusan Bahasa Inggris yang juga mantan Ketua BEM FBS, melalui jejaring sosial.

 


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 2.099 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

13 komentar pada “Dosen Seni Rupa Dewa Made Karthadinata Berpulang

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Ikut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya senior, rekan, dan sahabat kami di Jurusan Seni Rupa FBS Unnes. Selamat jalan Bpk Dewa Made Kartadinata, rekan seperjuangan di Jurusan Seni Rupa FBS. Semoga ilmu yang Beliau ajarkan dan tinggalkan memberikan manfaat bagi sesama dan bagi kemajuan Unnes, khususnya Seni Rupa. Sekali lagi, selamat jalan rekan.

  2. selamat jalan Pak Dewa, sebagai anggota satgas KKN LP2M beberapa waktu lamanya, bpk bekerja dengan penuh dedikasi, komitmen dan tulus menjalankan tugas. semoga TUhan mendengar doa2 kita dan diterima di sisi Tuhan YME. diampuni segala dosanya, kita percaya bahwa segala yang diciptakan Tuhan akan kembali padaNya dan Pak Dewa Beroleh keabadian di Surga. aminn.

  3. Selamat jalan pak Dewa, ilmu yang kau berikan ,dan sejuta karya yang kau torehkan semoga senantiasa bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kami mahasiswa Seni Rupa ,untuk selalu berjarya ,kan berprestasi .Selamat jalan pak Dewa, semoga amal dan islam mu di terima di sisiNya ..amin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *