DKV Unnes Pamerkan Hasil Produk

Senin, 13 April 2015 | 15:50 WIB


DKV Unnes Pamerkan Hasil Produk

Permasalahan yang dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini tidak hanya permodalan saja, namun juga strategi pemasaran.

Selain itu, juga masih banyak UMKM yang masih enggan untuk menggarap logo dan kemasan secara serius karena keterbatasan pengetahuan, biaya dan SDM yang memadai. Padahal logo dan kemasan merupakan ujung tombak sebagai branding suatu produk yang dipasarkan.

Ketua Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Rahina Nugrahani menyampaikan itu disela-sela pameran, Sabtu (11/4) di Wisma perdamaian Semarang.

Pameran dengan tema “Pasar Branding #2” dibuka oleh Staf Ahli Bidang Tiga Wali Kota Semarang Drs Tommy Yarmawan Said.

Rahina berharap, kegiatan semacam ini dapat menjawab kebutuhan UMKM dalam mengembangkan media komunikasi visual untuk meningkatkan nilai jual produk. Juga UMKM tidak perlu ragu melibatkan pihak lain yang memiliki kompetensi dalam bidang grafis, komunikasi visual dalam mengembangkan logo, kemasan, dan media pendukung promosi.

Ketua Panitia Dwinda Mauwaldi menyampaikan pameran ini meliputi desain label, kemasan, desain POP, Booth dan Merchandise yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kapabilitas UMKM yang dijadikan sebagai klien.

Herni Nurul Fajri mahasiswa salah satu peserta pameran menyampaikan, kami tidak sekadar merancang karya yang bagus dari aspek estetis saja, tapi harus mempertimbangkan strategi media yang cepat dan sesuai untuk mendukung kegiatan pemasaran UMKM yang jadi klien kami. Kegiatan yang dikerjakan selama setengah semester ini cukup kompleks karena setiap tahapan perancangan harus didasarkan pada hasil riset terhadap UMKM yang dijadikan klien oleh mahasiswa.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 387 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X