Distribusi Beban Listrik di Unnes Belum Seimbang

Kamis, 12 Desember 2013 | 15:06 WIB


Distribusi Beban Listrik di Unnes Belum Seimbang
SIHONO/HUMAS

Berdasarkan hasil survei, dalam distribusi pembebanan listrik di semua fakultas atau unit kerja terjadi ketidakseimbangan atau belum merata pada setiap fasanya.

Ketidakseimbangan pembagian beban listrik tersebut menyebabkan munculnya arus yang melalui saluran titik netral sebesar 168 A atau 11,4 % dari total arus ideal 1.474 A sehingga pemanfaatannya belum efisien.

Djoko Adi Widodo MT, Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik (FT) Unnes mengatakan hal itu saat menjadi narasumber pada Workshop Konservasi Energi Listrik di Lingkungan Unnes yang diselenggarakan Badan Konservasi Unnes di rektorat kampus Sekaran. Kegiatan diikuti 30 orang, terdiri atas kepala bagian, kepala subbagian, dan staf terkait.

“Dampak dari aliran arus yang melalui saluran titik netral ini mengakibatkan trafo yang terkoneksi dengan titik netral seperti tangki dan minyak trafo mengalami tekanan tegangan listrik. Tekanan ini menimbukkan energi panas dan menyebabkan unsur minyak trafo dapat berkurang,” kata Djoko Adi Widodo.

Senada dengan Djoko Adi, Ketua Laboratorium Jurusan Teknik Elektro (FT) Said Sunardiyo MT mengungkapkan, pembebanan tidak seimbang ini dapat diketahui dari penunjukan alat ukur arus listrik pada panel tiap-tiap fasa.

Dia menyarankan dalam jangka pendek perlu dilakukan monitoring panggantian minyak pada trafo dan secara bertahap dilakukan pembenahan pembagian beban listrik di semua fakultas atau unit kerja.

“Seiring dengan misi universitas yang berbasis konservasi, Unnes perlu mengelola energi listrik secara optimal,” katanya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.920 kali
EDITOR : Sihono

8 komentar pada “Distribusi Beban Listrik di Unnes Belum Seimbang

  1. Bagaimana mengatasi masalah kelistrikan ini, selalu saja ada masalah…, sekarang ini masyarakat harus menanggung biaya dengan rencana kenaikan tarif listrik baru

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X