Direktur Pembinaan Kelembagaan Dikti Dorong Unnes Masuk Universitas Terbaik Dunia

Jumat, 22 April 2016 | 13:35 WIB


Direktur Pembinaan Kelembagaan Dikti  Dorong Unnes Masuk Universitas Terbaik Dunia
SIHONO/HUMAS

Direktur Pembinaan Kelembagaan Dikti Ditjen Kelembagaan IPTEK Dikti Kementerian Riset Teknologi dan Dikti RI Dr Totok Prasetyo BEng MT mendorong Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk menjadi salah satu dari 500 universitas terbaik dunia.

Salah satu indikatornya yakni harus meningkatkan akreditasi perguruan tinggi menjadi A, memperbanyak penelitian, jurnal ilmiah, dan prestasi mahasiswa.

Dr Totok Prasetyo BEng MT menyampaikan itu saat menjadi pemateri pada Diskusi Kelompok Terfokus Kebijakan dan Strategi Penguatan Kelembagaan Perguruan Tinggi Menuju Akreditasi Unggul, Jumat (22/4) di rektorat kampus Sekaran Gunungpati. Kegiatan diikuti 150 pimpinan dan dosen di lingkungan Unnes.

Selain itu, kata Dr Totok tata kelola di Unnes harus terintegrasi dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Unnes sudah punya itu semua baik leadership, komitmen, dan sistem integrasi tinggal meningkatkan sedikit lagi saja,” tutur Dr Totok.

Sebelumnya, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, di 2016 ini Unnes menduduki peringkat 4 nasional dan peringkat 66 dunia berdasarkan Green Metric UI. Unnes yang juga Universitas konservasi merupakan kampus terfavorit dibuktikan dengan jumlah pendaftar mencapai 52.121 pendaftar, 2014 Unnes juga dianugerahi Smart Campus Award oleh TeSCa.

Menurut Prof Fathur, capaian akademik Unnes mempunyai delapan jurnal terakreditasi, sedangkan jumlah program studi terakreditasi A 28,5%, akreditasi B 50%, akreditasi C 8,16 %, dan belum terakreditasi 13,27 %.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.068 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

6 komentar pada “Direktur Pembinaan Kelembagaan Dikti Dorong Unnes Masuk Universitas Terbaik Dunia

  1. amiin, semoga hal itu cepat terwujud sehingga unnes bisa masuk dalam jajaran world class university dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi civitas akademika Unnes

  2. “Universitas Berwawasan Konservasi Bereputasi Internasional” inilah visi Unnes. Sudah merupakan kewajiban dan tugas untuk menjadi salah satu dari universitas terbaik dunia.
    Mari bersama-sama saling menggenggam tangan bersatu padu membangun Unnes konservasi yang go Internasional dengan mendedikasikan diri untuk Unnes tercinta sesuai bidang dan tugas masing-masing. Berprestasi dan bertanggung jawab.

  3. Saya optimis kedepannya Unnes mampu menggapai visi misi Unnes menjadi Universitas bereputasi International, apalagi dengan prestasi berupa anugrah Smart Campus Award oleh TeSCa juga menduduki peringkat 4 nasional dan peringkat 66 dunia berdasarkan Green Metric UI. Tinggal kedepannya lebih ditingkatakn untuk akreditasI A bagi semua prodi juga terus mendorong para dosen untuk konsisten mengunggah jurnal ilmiah. Semangat! pasti bisa..

    #2016 tahun akselerasi inovasi
    #Unnes rumah ilmu

  4. Jangan biarkan Rektor beserta jajarannya berjuang sendiri. Kita sebagai mahasiswa juga harus mampu bekerjasama mendukungnya dengan prestasi apa saja yang kita mampu. Sehingga rasa bangga kuliah di UNNES hinggap di hati para akademisinya.

  5. Aamiin semoga hal tersebut bisa tercapai dengan baik. UKM PENELITIAN UNNES sebagai salah satu UKM yang bergerak dalam upaya meningkatkan iklim keilmiahan dan kepenelitian Unnes akan senantiasa berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, jurnal ilmiah, dan prestasi mahasiswa.

  6. Aamiin. Semoga harapan ini bukan hanya sekadar harapan, tetapi dapat diwujudkan.

    Dengan pelbagai macam pembenahan yang dilakukan oleh Unnes, saya sangat yakin, harapan ini akan segera terwujud.

    Unnes, sebagai kampus konservasi bereputasi internasional akan semakin terdengar gaungnya di seluruh penjuru dunia :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *