Dibuka, Pendaftaran Transfer, PJJ, dan Pendidikan Profesi Konselor

Sabtu, 23 Juli 2011 | 9:38 WIB


Anda seorang guru yang belum mengantungi gelar sarjana? Atau, Anda lulusan S1 program studi Bimbingan dan Konseling? Jika iya, salah satu dari tiga program yang ditawarkan oleh Unnes ini bisa Anda sambut.

Mulai 25 Juli 2011, Unnes membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) Program S1 Peningkatan Kualifikasi Guru (PKG), SPMU Program S1 Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), dan Program Pendidikan Profesi Konselor (PPK). Pendaftaran dibuka secara online melalui http://spmu.unnes.ac.id hingga 5 Agustus mendatang.

PKG merupakan istilah lain dari program transfer, yakni peningkatan jenjang pendidikan dari D2, D3, atau sarjana muda ke S1. Hanya, program ini diperuntukkan khusus bagi guru yang dibuktikan dengan SK pengangkatan serta berpengalaman mengajar sedikitnya dua tahun.

Hampir sama dengan PKG, PJJ pun diperuntukkan bagi para guru untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan mereka, yakni dari D2, D3, atau sarjana muda ke S1. Bedanya, dalam pelaksanaannya PJJ akan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas E-learning pembelajaran berbasis internet untuk menggantikan sebagian besar kuliah tatap muka.

Adapun PPPK merupakan program untuk mendidik calon konselor profesional yang berkewenangan dalam pelayanan bimbingan dan konseling di berbagai setting, yaitu sekolah (termasuk perguruan tinggi), keluarga, instansi pemerintah dan swasta, dunia usaha dan industri, serta lembaga atau organisasi sosial kemasyarakatan, baik formal maupun nonformal.

Biaya

Berapa biaya kuliah untuk ketiga program tersebut? Mula-mula, biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.

Jika dinyatakan diterima, peserta PKG wajib melakukan pembayaran biaya pendidikan pada tanggal 22 Agustus –  6 September 2011 untuk SPP Rp400.000, sarana pendidikan Rp950.000, iuran kemahasiswaan Rp200.000, dan SPL Rp 5.000.000. Selain itu, BOP untuk yang kuliah di Semarang Rp400.000, sedangkan yang kuliah di Tegal Rp800.000.

Untuk peserta PJJ, dengan waktu pembayaran yang sama , kewajiban membayar SPPRp 1.550.000 tiap semester dan  SPL  Rp 5.900.000 yang disetorkan sekali selama kuliah pada awal studi.

Adapun peserta PPPK, besaran SPP Rp1.000.000 per semester, SP Rp 2.000.000 per semester, dan SPL Rp1.000.000 (sekali selama studi).


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 22.841 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

123 komentar pada “Dibuka, Pendaftaran Transfer, PJJ, dan Pendidikan Profesi Konselor

  1. Salam sejahtera,
    saya Guru Sd diangkat dari kwalifikasi SPG gol II/a, dan berijasah S-1 bahasa Inggris dan akta IV, adakah program S-1 PGSD penyetaraan. agar saya bisa lebih konsentrasi mengajar.

  2. Salam sejahtera,
    Saya guru BK dan sudah lulus PLPG 2013. Apakah masih perlu mengambil PPK? Mohon infonya mengenai PPK Unnes dan jadwal perkuliahannya. Terima kasih

  3. assalamu’alaikum mau tanya . di unnes kalo mau transfer dari d3 manajemen informatika ke s1 sisstem informasi / s1 teknik informatika ada gak ya pak/bu/maas/mba
    terima kasih

  4. aslkm.. pak mau tanya, saya PKG jurusan S1 Pend. Ekonomi ingin transfer ke S1 Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran, bagaimana caranya pak? apakah ikut SPMU atau program transfer, mohon penjelasnnya. terimakasih!

  5. aslkm.. pak saya jurusan S1 Pend. Ekonomi UNNES 2000 yang ingin transfer ke S1 Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran dikarenakan program PKG (Peningkatan Kualifikasi Guru), bagaimana caranya pak? apakah ikut SPMU atau program transfer, mohon penjelasnnya. terimakasih!

  6. saya guru salah satu smp swasta. pndd akhr D3 informatika. sy mengajar TIK untuk kelas 9 saja, smntara sy juga mengajar seni budaya. sy ditugaskan mengjar seni budaya karena sy menguasai musik (teori & praktek). jika sy bermksud ngambil S1 seni musik untuk Peningkatan Kualifikasi Guru (PKG), apa sj syarat dan ketentuannya. bisakah bbrp matakuliah umum sy diakui sehingga sy hanya mngambil mt kuliah jurusan saja.

  7. Saya lulusan D3 PR UNS dann saya ingin melanjutkan S1 tetapi untuk sementara saya tidak berdomisili di solo dan semarang. Apakah saya bisa kuliah secara online, dan apabila ada saya ingin mengetahui persyaratan selengkapnya. Terimakasih

  8. 1. Sy lulusan S1 kimia UNDIP, klu sy kuliah S1 pendidikan kimia bisa?
    2. Jika bisa, apakah sy bisa konfersi (mengambil matakuliah yg blm ada)?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *