Dibuka, Pendaftaran S2-S3 Gelombang I

Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru program magister (S2) dan program doktor (S3) . Pendaftaran dilakukan secara online melalaui http://spmu.unnes.ac.id dalam dua gelombang.

Asisten Direktur I Pascasarjana Prof Dr Samsudi mengatakan, gelombang I  dibuka mulai 1 Februari hingga 21 April 2011. “Mereka yang mengajukan beasiswa BPPS harus mendaftar pada gelombang I,” katanya.

Dikemukakan, Program Pascasarjana (PPs) Unnes menyelenggarakan Beasiswa Program Pascasarjana (BPPS) dan Beasiswa Unggulan Dikti. “BPPs diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berprofesi sebagai dosen dan calon dosen perguruan tinggi pemerintah(PTP)/perguruan tinggi masyarakat (PTM), sedangkan Beasiswa Unggulan bagi peraih medali olimpiade internasional,  juara tingkat nasional, regional, dan internasional bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olah raga, dan guru berprestasi,” katanya.

Prof Samsudi juga mengatakan, informasi mengenai beasiswa tersebut dapat diakses melalui http://beasiswa.dikti.go.id.

Persyaratan

Disebutkan, pendaftar program magister harus berijazah S1 PTP/PTP baik dalam maupun luar negeri yang diakui Kemdiknas dengan IPK minimal 2,75 atau berpengalaman kerja. Adapun untuk program doktor, IPK minimal S2-nya 3,00 atau berpengalaman kerja memadai.

“Peserta mengisi formulir secara online pada situs http://spmu.unnes.ac.id. Setelah itu, pendaftar memperoleh PIN dan formulir pendaftaran yang harus di-print. Selanjutnya, membayar biaya pendaftaran melalui transfer ke rekening Unnes nomor 136-00-60060081 pada Bank Mandiri dengan mencantukan nama dan nomor PIN pada slip bukti pembayaran.

Biaya Kuliah

Berapakah biaya kuliah di PPs Unnes? Untuk program S2, biaya pendaftaran Rp200 ribu (kelas reguler) dan Rp300 ribu (kelas khusus/paket). SPP dan Sarana Pendidikan kelas reguler beasiswa sebesar Rp3,5 juta per semester, SPI Rp2,25 juta per semester selama tiga semester, matrikulasi Rp750 ribu, dan wisuda Rp1 juta. “Untuk kelas khusus/paket S2, SPP plus Sardik Rp15 juta selama studi, SPI Rp12,5 juta selama studi, matrikulasi Rp1 juta, dan wisuda Rp1 juta,” kata Asdir II Prof Dr Joko Widodo.

Lama studi S2 mahasiswa kelas reguler/beasiswa 4-8 semester, sedangkan kelas khusus/paket 4 semester dengan beban kredit sama, 45-50 SKS.

Masih menurut Prof Joko, untuk program doktor, biaya pendaftaran Rp500 ribu baik untuk kelas reguler maupun paket. SPP + Sardik kelas reguler Rp6,5 juta per semester, SPL Rp2,5 juta per semester selama tiga semester, matrikulasi Rp1 juta, dan wisuda Rp1 juta. “Untuk kelas khusus/paket, SPP+Sardik Rp45 juta selama studi, SPL Rp15 juta selama studi, matrikulasi Rp1 juta, dan wisuda Rp1 juta,” katanya.

214 responses to “Dibuka, Pendaftaran S2-S3 Gelombang I”

  1. eris heriyono mengatakan:

    sy coba daftar on line kok ga masuk masuk pak….

  2. eris heriyono mengatakan:

    kami sudah ikut pendaftaran online, tapi utk pembayarannya ke bank mana sebab di info pendaftaran di bank Mandiri …………..dan ada lagi di bagian akhir cetak kartu peserta tertera di bank BNI 46 kok ga ada no. rekeningnya….???

  3. eris heriyono mengatakan:

    utk semua pertanyaan sy diatas semua terjawab berjalan,seiring waktu………….

  4. edy purnomo, SPd,. MPd. mengatakan:

    Tolong dong info program doktor S3 jurusan matematika, kasih info ya. ni mau ngalnjutin

  5. arie mulyani mengatakan:

    saya baru mau tamat S1 pendidikan matemtika,, insyaallah bulan september.. apkah ada gelombang untuk bulan septeember s2 pend. mtk ny pak ?

  6. iramawati mengatakan:

    Ass.pak, saya alumni unnes 2009 jurusan pendidikan biologi.mengajar di SD, apakah bsa /diperbolehkan kuliah S2 PGSD.kalau y, kapan mulai pendaftaran dan rincian biayanya ? Mohon informasinya. Trims

  7. dodik malino mengatakan:

    Ass,, pak, saya lulusan S1 Manajemen ,, mau tanya apakah ada program S2 Magister pendidikan,,, dan mohon informsiy mengenai biaya,,,trimaksih,,,

  8. RUDIANSYAH mengatakan:

    Saya salah satu mahasiswa UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, angkatan 2011 dan mudah-mudahan lulus bulan Agustus 2015 (pendidikan olahraga)… IP saya saat ini 3,22, Saya tidak mempunyai prestasi tertulis seperti piagam,piala, atau lainnya ..Dan saya tergolong orang yg tidak mampu, kami hanya keluarga petani … Saya berkeinginan sekali melanjutkan study saya di UNNES (s2 pendidikan olah raga) apakah mungkin orang seperti saya mendapatkan beasiswa? Tolong penjelsannya. Persyaratan apa saja yg harus saya penuhi terima kasih

  9. santi widihastuti mengatakan:

    Sy guru smp n 1 ngaringan di kabupaten grobogan, mohon info untuk S2 seni musik.trimakasih

  10. Saddam Dewana mengatakan:

    kapan pendaftaran Mahasisw2a baru di S2nya,, mohon Bantuan,
    dari Riau.

  11. Achmad Ritaudin mengatakan:

    Pak klo S-2 Pend. Fisika di tegal sudah ada?

  12. agnes mengatakan:

    sy mau tanya jadwal penerimaan pascasarjana semester gasal untuk jurusan sosiologi kapan ya? trima kasih :)

  13. A.Nurul Asiyah mengatakan:

    Saya mau tanya kapan buka beasiswa tahun 2015 tolong informasikan

  14. Mala mengatakan:

    Saya PNS tinggal di majalengka.S1 pend b.Indonesia tp ngjar PKn.mau S2 PKn yg paket khusus nanti bagaimana kuliahny? Tolong hub.085323611199.saya siap langsung melunasi biayanya.dtgu infonya.thanks

Tinggalkan Balasan