Dibekali, Dosen PKn Miliki Energi Baru

Senin, 3 Maret 2014 | 10:12 WIB


Menjelang perkuliahan, Pusat Pengembangan Mata Kuliah Umum Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan koordinasi dan pembekalan bagi dosen Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Senin (24/2) di rektorat kampus Sekaran.

Ketua Pusat Pengembangan MKU, Drs Sunarto MSi, mengatakan pembekalan ini dilakukan dalam upaya penyegaran dan meningkatkan mutu dosen MKU.

“Sebelum mengajar, dosen harus siap dengan semua perangkat pembelajaran sesuai mata kuliah yang diampu dan perlu penyegaran serta koordinasi sebelum kegiatan perkuliahan di semester genap 2013/2014 ini,” ungkapnya. Hari ini (Senin, 3/3) seluruh mahasiswa Unnes mulai aktif perkuliahan.

Materi pembekalan di antaranya Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dengan narasumber Dekan FIS Unnes Dr Subagyo MPd, wawasan nusantara oleh Drs Sunarto SH MSi, ketahanan nasional disampaikan Drs AT Sugeng Priyanto MSi, selanjutnya materi tentang politik dan strategi nasional oleh Drs Ngabiyanto MSi.

Menurut dosen PKn, Noorochmat Isdaryanto, kegiatan tidak sebatas pada pembekalan dan penyegaran materi, namun juga menyangkut metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Kegiatan ini, menurutnya, memberikan legalitas bagi dosen pengampu mata kuliah PKn untuk memiliki surat izin khusus diklat calon dosen kewiraan dan pengkajian ketahanan nasional Lemhanas sebagai syarat mengampu mata kuliah.

“Dosen pengampu diharapkan tidak hanya memahami buku paket MKU saja, namun juga memahami nuansa kebatinan dan penghayatan terhadap nilai-nilai kenegaraan diterapkan dengan perjalanan bangsa dan negara,” tuturnya. Giri Harto Wiratomo


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 4.315 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X