Di Unnes, Lukisan Singo Barong Demak Dipamerkan

Senin, 20 Januari 2014 | 9:39 WIB


Di Unnes, Lukisan Singo Barong Demak Dipamerkan
Dwi Sulistiawan / Humas

Sembilan karya seni lukis yang menceritakan seni barong Kabupaten Demak dipamerkan di lantai 1 Rektorat Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kampus Sekaran Gunungpati, Rabu – Jumat, (15 – 17/1). Karya tersebut merupakan pameran tunggal salah satu mahasiswa Program Studi Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Unnes, Syaifudin.

Juara satu lomba  poster 2013 itu merasa terilhami oleh seni barong yang ada di Kabupaten Demak, “kesenian langka yang biasanya ditampilkan saat suronan, gebreg kesunanan idul adha, dan sedekah bumi ini masih layak menjadi tontonan sekaligus tuntunan, “kata syaifudin

Di Kabupaten yang terkenal dengan sebutan Kota Wali ini, ada sekitar puluhan paguyuban seni barong yang saat ini masih nguri-nguri kesenian langka itu. “Kalau bukan kaum muda yang nguri-nguri budaya itu, siapa lagi?,” ujar mahasiswa yang mendambakan gedung khusus untuk memamerkan karya-karya mahasiswa.

Tidak hanya lukisanan,  saat pembukaan pameran bertema dimensi sakral singo barong kota wali itu juga disuguhkan video tentang singo barong kota wali. Pengunjung juga langsung diajak merasakan suasana mistis pada pertunjukan itu, “Percaya ngga percaya itu memang hasil karya mahasiswa Unnes. Saya merasa luar biasa apalagi ada beberapa lukisan yang menggambarkan imajinasi dirinya sendiri,  hasratnya besar sekali memberikan tumpahan seninya pada lukisan yang menggambarkan sesuatu yang agung,” kata  Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi saat menghadiri pameran itu.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.959 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

4 komentar pada “Di Unnes, Lukisan Singo Barong Demak Dipamerkan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *