Di Korea, Dosen FMIPA Membangun Rasa Nasionalisme dan Membangun Negara Melalui Pendidikan

Selasa, 29 Agustus 2017 | 12:52 WIB


Di Korea, Dosen FMIPA Membangun Rasa Nasionalisme dan Membangun Negara Melalui Pendidikan
DOC/HUMAS

Dosen FMIPA Dr Iwan Junaedi MSi berkesempatan mengikuti kegiatan workshop di Dongseo University, dan Sun Moon University, Korea Selatan, 7-14 Agustus.

Pelajaran yang dapat dipetik dari workshop di Sun Moon University adalah bahwa membangun negara dan bangsa untuk menjadi negara yang maju adalah melalui pendidikan, menurutnya Korea Selatan adalah salah satu contoh negara yang membangun bangsanya melalui pendidikan.

Pesan dari kegiatan workshop di Sun Moon University adalah agar menjadi negara yang maju, maka pendidikan harus dipersiapkan dengan baik. Setelah dari Sun Moon Uniersity, Iwan Junaedi mengikuti kegiatan International Workshop for Indonesian Leaders in Education di Dongseo University selama 5 hari.

Dalam kesempatan ini ia dapat mempelajari bagaimana perguruan tinggi dalam menyiapkan perkuliahan dan memfasilitasi pembelajaran bagi mahasiswanya, mulai dari kelas besar, kelas kecil, laboratoium, ruang pameran untuk produk-produk dosen dan mahasiswa, dan sarana parasarana lainnya yang berskala internasional.

Selain di PT, juga mendapat kesempatan untuk berkunjung di Busan Global Celebrated School, di Yang-Woon dan POSCO Pabrik baja terbesar di Korea.

Di SMA (Busan Global Celebrated School) ini, mendapat pengalaman bagaimana sekolah menyediakan fasilitas belajar bagi siswanya dan juga bagi gurunya. Yang terakhir mendapat pelajaran tentang nasionalisme (agar kita cinta Indonesia) oleh orang Korea, yaitu oleh Prof Dr Kim Soo-Il, beliau adalah orang Korea yang mendapat tugas menjadi Konsul Kehormatan RI di Busan, Korea.

Saat memberikan paparan ia menyampaikan tentang pentingnya nasionalisme dan mencintai negara dan budaya bangsa. Semua kegiatan ini menjadi pelajaran yang berharga untuk dijadikan pelajaran bagi pengembangan perguruan tinggi di Indonesia, khususnya di UNNES.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 311 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X