Clean Government: Perlu Sinergi Lembaga Negara

Kamis, 5 September 2013 | 13:44 WIB


Clean Government:  Perlu Sinergi Lembaga Negara
HUMAS/DOC

Orang dengar kata korupsi, tentu sudah biasa, korupsi terjadi dimana-mana. Pejabat Negara masuk bui, wakil rakyat masuk bui, sampai akademisi juga ada yang masuk bui. Siapa yang salah? pelaku atau sistemkah penyebabnya?

Keinginan mewujudkan good governance menuju clean government inilah, Fakultas Hukum Unnes menggelar studium general untuk mahasiswa  Rabu (4/9) di Gedung C7 lantai 3 FIS Unnes.  Hadir  dalam acara tersebut Dekan, PD,  Kepala Bagian dan seluruh Dosen Fakultas Hukum.

Acara yang diikuti oleh sekitar  250 mahasiswa itu, menghadirkan pembicara dari kejaksaan tinggi Jawa Tengah H Isno Ihsan SH MHum,  dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Samono AkCfrA.

Isno Ihsan memaparkan bahwa Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih (Good and Clean Governance) merupakan segala hal yang terkait dengan model pemerintahan yang efektif, efisien, jujur, transparan, dan bertanggung jawab  “ Semua unsur dalam pemerintahan termasuk dalam bidang penegakan hukum bisa bergerak secara sinergis, tidak saling berbenturan, dan memperoleh dukungan dari rakyat  serta  galakkan gerakan anti korupsi”. katanya

Selain itu, Samono mengatakan bahwa keberadaan BPKP ini punya visi, misi yang jelas, dan motto “Becik-ing, Pakerti, Kamulyan lan Pungkasane” Badan ini selalu bersinergi dengan lembaga lain dengan melakukan tiga hal,  upaya preventif, represif dan edukatif. “Dengan adanya badan pengawasan keuangan  inilah, dan ditindaklanjuti  berbagai upaya, maka akan mampu mengurangi korupsi”. tegasnya

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes)  Prof Dr Fathur Rokhman MHum  berkesempatan hadir dan menutup secara resmi  kegiatan Studium General Fakultas Hukum.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 882 kali
EDITOR : Rohmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *