Cegah Abrasi, Mahasiswa KKN Unnes Tanam Mangrove

Minggu, 4 Oktober 2015 | 23:51 WIB


Cegah Abrasi, Mahasiswa KKN Unnes Tanam Mangrove
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat.

Tak kurang selama empat puluh lima hari, mahasiswa semester tujuh Universitas Negeri Semarang (Unnes) menempuh KKN dengan hidup dalam satu wilayah pedesaan dan melakukan pengabdian kepada masyarakat sekitar posko KKN.

Pada tahun 2015 ini, mahasiswa KKN Unnes yang berada di Kabupaten Demak, melaksanakan penanaman Mangrove. Lokasi penanamanya berada disepanjang bibir pantai Kecamatan Wedung.

“Penanaman ini merupakan salah satu strategi untuk mencegah abrasi yang kapan saja bisa mengancam ekosistem yang ada. Kami juga dalam kesempatan ini menggandeng masyarakat dan karang taruna untuk turut serta menanam dan juga merawat mangrove kedepannya,” ujar Prof Dr Totok Sumaryanto, selaku ketua LP2M Unnes.

Dalam kegiatan ini, ada sekitar 480 mahasiswa KKN Unnes dari tiga wilayah Korcam (Koordinator Kecamatan), yakni Kecamatan Bonang, Guntur dan Wedung tergabung sebagai sukarelawan penanaman.

Adapun kegiatan yang juga melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai penyumbang 25000 bibit mangrove ini, turut menggandeng aparat penegak hukum Kepolisian dan TNI di Kabupaten Demak untuk menanam mangrove.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 763 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X