Berharap Solusi dari Karya Tulis Mahasiswa

Karya tulis mahasiswa yang tertuang dalam Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tulis (PKM-GT)  hendaknya memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang terjadi. Selain itu harus pula merealisasikan berbagai hal dengan latar kekinian.

“PKM-GT hendaknya seksi dan membumi. Seksi dalam artian unik, menarik, kreatif dan solutif. Sedangkan membumi mempunyai arti gagasan tersebut bisa direalisasikan sesuai dengan latar belakang kekinian,” ujar Tommi Yuniawan MHum, Staf Ahli Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang (Unnes), dalam workshop PKM di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes, Minggu (3/3).

Berbeda dengan tahun lalu, Tommi menjelaskan, karya tulis tahun ini dilakukan dilakukan secara online melalui www.simlibtamas.dikti.go.id . “PKM-GT dapat berupa gagasan yang masih sebatas ide dan belum direalisasikan. Sedangkan PKM-AI (Artikel Ilmiah) berupa kegiatan yang sudah dilaksanakan baik itu penelitian maupun pengabdian, seperti penelitian laporan praktik pengalaman lapangan (PPL), praktik kerja lapangan (PKL) dan kuliah kerja nyata (KKN),” katanya.

Dia juga mengatakan, selain gagasan harus unik, kreatif, dan solutif, dalam menulis PKM terutama PKM-GT hendaknya selalu memerhatikan sistematika penulisan yang baik dan benar.

Pendampingan

Dalam acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa di FBS Unnes itu, setiap peserta diwajibkan mempersiapkan gagasan sebelum mengikuti workshop. Setelah materi disampaikan, peserta membentuk kelompok untuk dibimbing lebih oleh dosen pendamping karya ilmiah.

Pada akhir acara, peserta mempresentasikan hasil diskusi gagasan  yang kemudian diberi masukan dari para dosen pendamping. Gagasan yang muncul pun beragam. Mulai dari pengembangan panel surya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Antikorupsi, sol sepatu multifungsi, dan game online berwawasan Nusantara. Gagasan tersebut kemudian dipresentasikan dinilai oleh dosen pendamping karya ilmiah dan diambil tiga gagasan favorit.

Selain Tommi, pembicara lain adalah Dr Udi Utomo MSi dan beberapa dosen pendamping karya ilmiah di FBS Unnes.

Liliek Handoko

4 Responses to “Berharap Solusi dari Karya Tulis Mahasiswa”

  1. Romadi mengatakan:

    Ya mari berlatih dan bergerak bersama, khususnyab mahasiswa demi masa depan…yang lebih cemerlang

  2. andrew mengatakan:

    kereeen, UKM ANTI KORUPSI

  3. marry mengatakan:

    kalo mau membaca laporan PKM dimana ya? thx

  4. tutorial android mengatakan:

    pertanyaan sama kaya atas ane…

Tinggalkan Balasan