Bahagia dan Cemasnya Calon Wisudawan Unnes

Selasa, 24 September 2013 | 13:54 WIB


Bahagia dan Cemasnya Calon Wisudawan Unnes
Dwi Sulistiawan / Humas

Nurul Febrianti MHum saat menjadi pembicara pada pembekalan Calon Wisudawan Periode II tahun 2013 di Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Kampus Unnes Sekaran Gunungpati, Selasa (24/9).

Bahagia dan cemas. Setidaknya dua perasaan itulah yang tampak mengemuka dari beberapa calon wisudawan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mereka bahagia, karena perjuangan kuliah bertahun-tahun usai sudah. Cemas, karena ada kegamangan menjalani hidup seusai kuliah.

Demikian dikatakan Nurul Febrianti MHum saat menjadi pembicara pada pembekalan Calon Wisudawan Periode II tahun 2013 di Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Kampus Unnes Sekaran Gunungpati, Selasa (24/9).

Sebelum diwisuda, semestinya calon wisudawan sudah punya rencana pasti akan masa depannya, “karena itulah, sedari dini calon wisudawan harus berusaha mencari link untuk memudahkan membuat lamaran ke dunia kerja,” kata Nurul, yang kemudian secara khusus memaparkan tentang tips membuat lamaran kerja dan curriculum vitae (CV).

Menurut dia, ada beberapa tips membuat surat lamaran kerja, salah satunya menggunakan pendekatan ADIA yaitu attention, desire, interest, action, “surat lamaran kerja harus menimbulkan perhatian, merangsang, menarik, dan tindakan untuk dibaca,” paparnya dihadapan ratusan calon wisudawan Unnes.

Pembicara lain pada acara bertema “Cerdas dan Kreatif dalam Menghadapi Dunia Kerja” ini, Endah Peniati MSi, Luthfi Fathan Dahriyanto MA, Abdul Wahid SPd, dan Hafiz Rafi Uddin MH.

Acara yang dihadiri ratusan calon wisudawan unnes ini, menurut Kepala Pusat Pengembangan Layanan Konseling dan Bursa Kerja (Pusbang LK BK) Unnes Sinta Saraswati MPd Kons bertujuan untuk membekali para lulusan Unnes dalam berkompetitif memasuki dunia kerja.

“Bukan hanya materi pembekalan saja, Rabu (25/9) acara akan dilanjutkan dengan Campus Hiring yang menghadirkan beberapa perusahaan,” kata dosen bimbingan konseling karir di FIP Unnes.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.832 kali
EDITOR : Rohmawati

satu komentar pada “Bahagia dan Cemasnya Calon Wisudawan Unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *