Audit Survailance, Tidak Ada Temuan Major

Senin, 29 Juli 2013 | 13:41 WIB


Audit survilance yang dilakukan PT SGS Indonesia pada Universitas Negeri Semarang (Unnes) menunjukan tidak ada temuan major. Auditor hanya menemukan temuan minor di beberapa program studi yang disurvei. Ini berarti Unnes konsisten menjaga standar mutu sebagaimana diamanatkan dalam ISO 9001 : 2008 dan IWA 2 : 2007.

Seperti telah diberitakan dilaman ini, untuk memastikan sistem manajemen mutu berjalan efektif PT SGS Indonesia telah melakukan audit survailance, Senin-Rabu (22-24/7) di seluruh unit dan supporting system di Unnes.

Kali ini adalah yang ketiga kalinya atau tahap keempat sejak Unnes menerima sertifikasi pada 2011. Audit akan terus dilakukan tiap semester untuk menjamin budaya mutu di Universitas Konservasi ini.

Sekretaris Badan Penjamin Mutu Unnes Agung Yulianto menjelaskan, mean assessment dilaksanakan oleh auditor dari PT SGS, badan sertifikasi yang berpusat di Jakarta, “dalam pelaksanaannya, para auditor melakukan klarifikasi yang terkait dengan dokumen akademik, baik itu sasaran dan rencana mutu maupun prosedur mutu yang digunakan,” katanya.

Disebutkan pula, auditor menggunakan metode yang berbeda ketika mendapatkan temuan. “Ada yang menilai dari aspek administrasinya. Ada yang dari aspek pelaksanaan proses pembelajaran di kelas dan ada yang melihat bagaimana pelayanan di laboratorium serta aspek sarana prasarana pembelajaran,” jelas Agung.

Dari hasil Audit tersebut, Agung berharap adanya evaluasi diri terhadap pelaksanaan sistem manajemen mutu Unnes dan sebagai masukan dalam proses perbaikan berkelanjutan.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.686 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *