Eduwisata: Asyiknya Membatik, Enaknya Bikin Pancake

Sabtu, 26 Januari 2013 | 18:23 WIB


Eduwisata: Asyiknya Membatik, Enaknya Bikin Pancake
LINTANG HAKIM/HUMAS

Ternyata membatik itu gampang. Sama gampangnya dengan membuat permen cokelat dan pancake. Nyaris sepadan dengan asyiknya bermain bersama rumus-rumus matematika.

Kira-kira itulah yang dirasakan 50-an peserta Sosialisasi Eduwisata Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (26/1/2013), di kampus Sekaran. Kegiatan yang tidak hanya berlangsung di Kebun Biologi tapi juga tersebar di seluruh areal kampus itu dikemas dalam bentuk outbond dengan pemandu para dosen dari berbagai program studi. Pesertanya guru SD, SMP, dan SMA dari Kota Semarang dan sekitarnya.

Dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr Agus Wahyudin, kegiatan diawali dengan pemanasan dan segera disusul dengan game jelajah alam sekitar. Sambil mengenal satu sama lain, peserta pun kian mengakrabi lingkungan kampus lengkap dengan pepohonan dan satwanya. Game pun mewarnai sesi ini sehingga yang segera terdengar tawa lepas para peserta di sesela kegiatan.

Acara pun tampak makin menarik ketika sampai pada kegiatan inti. Dinaungi dua unit tratag, tergelarlah tiga “stand”. Masing-masing untuk rekreasi matematika, berekreasi dengan cokelat dan pancake, serta kreasi rupa.

Pada kreasi rupa, peserta dengan mudah mempraktikkan teknik membatik, lengkap dengan isen-isenan-nya. “Ternyata membatik itu asyik,” ujar Asri, guru SD Assalamah Ungaran, Kabupaten Semarang sambil terus menorehkan warna pada media gambar.

Tak kalah gampangnya membuat pancake. Dengan bimbingan Dyah Nurani S dan Rosida, keduanya dosen Tata Boga Jurusan Teknik Jasa Produksi Fakultas Teknik Unnes, tak sampai 15 menit para peserta sudah bisa mewujudkan pancake indah. “Lembut dan lezat,” komentar Teguh Joko Sutrisno, wartawan Anteve yang berkesempatan mencicipi.

 


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 1.453 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

4 komentar pada “Eduwisata: Asyiknya Membatik, Enaknya Bikin Pancake

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *