Arsip Jadi Simpul Pemersatu Bangsa

Sabtu, 12 Januari 2013 | 11:55 WIB


Arsip Jadi Simpul Pemersatu Bangsa
AGESTIA PUTRI NUSANTARI/HUMAS

Teks Proklamasi dan Supersemar merupakan bukti autentik sejarah bangsa ini. Perjuangan yang tak hanya berbalut keringat tetapi juga bersimbah darah para pahlawan dalam upaya memerdekan bangsa Indonesia adalah sejarah yang harus dijaga dalam arsip sebagai penghormatan sekaligus simpul pemersatu bangsa.

Demikian disampaikan M Asichin SH MHum, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam kuliah umum yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang, Jumat (11/1).

Dalam paparan yang diawali pemutaran film pendek Diorama Sejarah Indonesia, Asichin menjelaskan mengenai kebijakan kearsipan nasional sebagai implementasi peran arsip dalam membangun karakter bangsa.

“Krisis multidimensi pada era ini membawa pengaruh besar terhadap semakin lemahnya rasa kepercayaan diri dalam berbangsa dan bernegara,” katanya sembari menayangkan beberapa foto arsip nasional.

Cermin adanya pendangkalan rasa kesadaran sejarah, lanjut dia, membawa ANRI mengembangkan dan  membangun kembali rasa kesadaran sejarah bangsa melalui arsip nasional sebagai rekaman sejarah dan perjuangan bangsa.

Pentingya Arsip

“Arsip merupakan saksi bisu, tak terpisahkan, andal, dan abadi yang memberikan kesaksian terhadap keberhasilan, kegagalan, pertumbuhan, dan kejayaan bangsa,” kata Asichin dalam paparannya.

Sebagai pembicara tunggal, Asichin panjang-lebar memaparkan arti penting arsip. “Dari semua aset negara, arsip adalah aset yang paling berharga,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga memaparkan pengelolaan arsip-arsip tanpa sedikit pun  mengurangi sejarah yang terkandung di dalamnya.


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 1.829 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

2 komentar pada “Arsip Jadi Simpul Pemersatu Bangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *