2.900 Sarjana Pendidikan Akan ke Daerah

Sabtu, 4 Agustus 2012 | 3:17 WIB


2.900 Sarjana Pendidikan Akan ke Daerah
DOK/HUMAS

SEMARANG, KOMPAS.com – Berbeda dengan Uji Kompetensi Guru (UKG) online yang dikabarkan macet di sejumlah tempat, ujian online seleksi Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM-3T) justru berjalan lancar. Setidaknya kondisi tersebut seperti yang berlangsung di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, Jumat (3/8/2012).

Menurut Kepala UPT Pusat Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo, ujian dalam jaringan yang diikuti 3.848 peserta itu berlangsung serentak di 17 kota di Indonesia sejak Rabu (1/8/2012) dan akan berakhir, besok, Sabtu (4/8/2012).

“Ujian yang dikoordinasi oleh tim teknologi informasi Unnes dilakukan untuk menjaring calon guru yang akan mengajar di berbagai pelosok di negeri ini,” papar Sucipto.

Ia menyebutkan, ada sebanyak 2.900 sarjana pendidikan yang akan diberangkatkan kembali ke daerah yang lazim disebut 3T, pada akhir Oktober tahun ini. Mereka akan menggantikan 2.500 sarjana yang telah mengabdi sejak November tahun lalu. Seusai mengabdi, mereka akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan beasiswa penuh dari pemerintah.

“Untuk ujian online, berdasarkan miling list yang dikembangkan panitia, hingga ujian hari ketiga berakhir tidak ada kendali berarti yang membuat kegiatan itu tersendat, apalagi terhenti. Sejumlah peserta mengaku enjoy-enjoy saja mengisikan data diri dan mengeklik jawaban. Lebih efisien, baik waktu maupun biaya,” kata Sucipto.

Kelancaran itu tak lepas dari kesiapan, baik di Unnes sebagai sentralnya maupun universitas-universitas penyelenggara. Beberapa hari menjelang ujian sudah dilakukan beberapa kali uji coba. Faktor lainnya, para peserta yang notabene fresh graduate itu relatif melek teknologi sehingga tidak gagap lagi ketika menempuh ujian dalam jaringan ini.

Sekalipun demikian, panitia pengawas siap memberikan pendampingan jika peserta mengalami kesulitan. Namun sepanjang ujian berlangsung di Unnes, tak ada satu pun peserta yang memerlukan pendampingan (Kompas.com).


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 3.810 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

6 komentar pada “2.900 Sarjana Pendidikan Akan ke Daerah

  1. Apresiasi buat UNNES dan tim IT-nya yang bener – bener siap untuk melakukan ujian On-line SM3T, Semoga UNNES senantiasa dipercaya oleh masyarakat.

  2. meskipun sempat ada kendala dan sy harus mengisi ulang dg pertanyaan yg berbeda, tapi so far lumayan bagus persiapanya. sukses buat unnes, semoga sy diterima, amiiiiiiin

  3. di jurusan bahas dan sastra Jawa dapat ambil bagian dari Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM-3T) tidak ya….,

  4. applaus bwt unes da tim ITnya, tetapi di beberapa daerah khususnya di aceh, hampir setiap tes terjadi kendala. terputusnya koneksi, tetapi waktu yang disediakan dalam menjawab soal terus berjalan, sehingga para peserta banyak yang tidak dapat menyelesaikan soal2, karna waktu yng tersisa tidak mencukupi..Semoga pada saat gelombang ke dua nanti berjalan dg baik..amin

  5. Tapi Kami masih banyak kendala dengan sistem ujian online nya ketika saya ujian online di Universitas Negeri Padang saya tidak bisa mengikuti bagian tes keprodian dan soal2 tes kemampuan akademik ny bnyak yg hlang dan terkdg tdak trsimpan walaupun udh d save. Akibatnya saya gagal di ujian gelombang yg I.
    saya berharap Sistem yg akan datang akan lebih baik. amiin ya Robb.
    Mohon Reply nya Admin. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X