18 Guru SD Labschool UNNES Dilatih Buat Media Literasi

Rabu, 19 Juli 2017 | 13:56 WIB


18 Guru SD Labschool UNNES Dilatih Buat Media Literasi

Bertempat di Aula Labschool UNNES, Jl. Menoreh Tengah X No.4, Sampangan, Semarang, guru-guru SD Labschool UNNS mendapatkan pelatihan membuat media literasi, Senin (17/8). Acara pelatihan ini merupakan program pengabdian masyarakat yang diprakarsai oleh tim dosen Jurusan PGSD UNNES. Tema pengabdian ini adalah Iptek Bagi Masyarakat (IBM) Guru SD Kecamatan Gajahmungkur, dengan topik “Pelatihan Pembuatan Media Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis Permulaan Siswa Kelas Awal.”

Adapun dosen yang tergabung dalam tim pengabdian PGSD UNNES yang terdiri dari Nugraheti Sismulyasih, S.Pd., M.Pd selaku ketua program, serta tim yang terdiri dari Dra. Nuraeni Abbas, M.Pd, Elok Fariha Sari, S.Pd.Si., M.Pd, Arif Widagdo, S.Pd., M.Pd, dan Dra. Hartati, M.Pd.

Dalam kegiatan ini, bapak Bapak/Ibu guru diajak untuk membuat media literasi. Mereka dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok mendapat tugas yang berbeda-beda. Kelompok 1 membuat big book, kelompok 2 membuat media tulis (buku bacaan zig zag) dan kelompok 3 membuat Graphic Organizer (diagram venn, diagram KWHL, diagram siklus, dan brainstorming)

Nugraheti, salah satu pemateri yang merupakan dosen PGSD Unnes, berharap setelah adanya kegiatan ini muncul kreativitas dari bapak/ibu guru dalam membuat media literasi, bukan hanya untuk pelajaran bahasa Indonesia saja, tapi untuk semua pelajaran.

“Dengan kreativitas guru dalam membuat dan menggunakan media literasi yang tepat, dalam arti sesuai dengan perkembangan anak, kita bisa berharap agar siswa dapat meningkat kemampuan literasinya, khususnya dalam bidang membaca dan menulis,” tambahnya.

Rifan, salah satu guru SD Labschool Unnes mengaku senang mendapat pelatihan semacam ini. “Ini merupakan ilmu yang sangat berharga. Saya akan mencoba membuat media seperti ini,” tuturnya.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 376 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X