Melawan Kebosanan di Kelas Hanacaraka: Saat Komik ‘Tugumuda’ Masuk Sekolah

Universitas Negeri Semarang/Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi/Berita/Melawan Kebosanan di Kelas Hanacaraka: Saat Komik ‘Tugumuda’ Masuk Sekolah

SEMARANG – Di sebuah ruang kelas sekolah dasar di Kecamatan Mijen, Kota Semarang, aksara Jawa sering kali menjadi momok. Bagi banyak siswa, deretan huruf Hanacaraka—dari Ha sampai Ngatampak seperti sandi rumit dari masa lalu yang sulit dipecahkan. Keluhan itu nyata: siswa kesulitan membedakan bentuk aksara yang mirip, apalagi jika harus merangkainya menjadi kalimat utuh.

“Siswa belum mengenal aksara Jawa sama sekali dan terbiasa menulis dari latin. Orang tua di rumah juga jarang mengajarkan bahasa Jawa krama,” ungkap Vania, guru kelas 4 di SD Negeri Polaman, Kecamatan Mijen, menggambarkan betapa rendahnya motivasi siswa terhadap mata pelajaran ini.

Namun, suasana berbeda terasa ketika Tim Riset Teknologi Pendidikan dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) datang membawa pendekatan baru pada Oktober 2025. Mereka tidak membawa buku paket tebal penuh teks, melainkan sebuah komik strip berjudul Tugumuda.

Eksperimen Visual di Mijen

Di bawah pimpinan Dr. Yuli Utanto, tim yang terdiri dari Abdul Arif, Moh. Gema Maulana, dan Nida Hanifa ini menggelar sebuah eksperimen pedagogis. Tujuannya sederhana namun ambisius: membuktikan apakah narasi visual dalam komik bisa meruntuhkan tembok kesulitan belajar aksara Jawa yang selama ini dibangun oleh metode ceramah konvensional.

Penelitian ini melibatkan populasi 230 siswa dari Gugus Dwija Krida, Kecamatan Mijen. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel. Satu kelas belajar dengan metode konvensional, sementara kelas lainnya kelompok eksperimen belajar membaca aksara Jawa melalui lembar-lembar komik strip.
Awalnya, kemampuan kedua kelompok ini nyaris identik. Data pretest menunjukkan skor rata-rata mereka berada di angka 40 hingga 41.

“Selisih skor mentah hanya 1,68 poin, yang mengindikasikan kemampuan awal yang setara,” kata Abdul Arif, anggota tim penetilian.

Lompatan Signifikan

Perubahan drastis terlihat setelah intervensi dilakukan. Saat tes akhir (posttest) digelar, kelompok yang belajar dengan komik strip mencatatkan rata-rata skor 54,46, meninggalkan kelompok konvensional yang hanya mencapai 44,88.

Analisis statistik tim peneliti menunjukkan data yang mencolok. Peningkatan kemampuan (gain score) pada siswa yang membaca komik mencapai 12,78 poin. Angka ini hampir tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan peningkatan di kelas konvensional yang hanya 4,88 poin.

“Terbukti secara statistik bahwa penggunaan komik strip efektif secara signifikan,” bunyi kesimpulan laporan tersebut, dengan merujuk pada nilai signifikansi (p-value) 0,006 yang jauh di bawah ambang batas standar akademik.

Mengapa Komik Berhasil?

Rahasia keberhasilan ini terletak pada cara otak anak memproses informasi. Laporan tersebut mengutip Cognitive Theory of Multimedia Learning (CTML), yang menyebutkan bahwa manusia belajar lebih optimal ketika informasi disajikan secara visual dan verbal sekaligus.

Dalam metode ceramah, siswa sering kali hanya mendengar (verbal) tanpa visualisasi yang cukup. Komik Tugumuda mengubah itu. Ia menerapkan prinsip dual-coding: bentuk aksara disajikan dalam bingkai gambar, sementara alur cerita menyediakan konteks.

“Gambar-gambar yang menarik membantu siswa memvisualisasikan aksara Jawa dalam konteks yang menyenangkan,” tulis tim peneliti dalam pembahasannya. Alih-alih menghafal mati bentuk sandhangan (tanda vokal), siswa diajak memecahkan “Teka-Teki Sandhangan” melalui cerita detektif atau petualangan karakter dalam komik, sebuah metode yang dikenal sebagai Discovery Learning.

Jalan Panjang Pelestarian

Keberhasilan di Mijen ini bukan akhir dari proyek UNNES. Komik Tugumuda telah resmi tercatat dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) per 30 Oktober 2025. Tim pengabdi juga telah menjalin kerja sama resmi dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Dwija Krida untuk memastikan keberlanjutan program ini.
Peta jalan penelitian ini merentang hingga lima tahun ke depan. Setelah tahap eksperimen ini, tim berencana mengembangkan model pembelajaran berbasis teknologi digital hingga komersialisasi produk komik aksara Jawa pada tahun kelima.

Bagi para pendidik di Jawa Tengah, temuan ini mengirimkan sinyal kuat: untuk menyelamatkan aksara warisan leluhur dari kepunahan, cara mengajarkannya tidak boleh lagi terjebak di masa lalu.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.