Jeddah, 30 Oktober 2025 — Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah sukses melaksanakan kegiatan pengabdian internasional bertajuk “Mindfulness-Based Writing Assistance Program for Enhancing the Professionalism of Indonesian School Teachers in Jeddah.”
Program ini diketuai oleh Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd., dengan tim pelaksana yang terdiri atas Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Yudi Siswanto, M.Pd., Rendi Agung Febrianto, M.Pd., dan Indri Ajeng Setyoningrum, M.Pd.
Program ini dirancang untuk meningkatkan profesionalisme guru-guru Sekolah Indonesia di Jeddah melalui pendekatan mindfulness-based writing assistance, yaitu pelatihan menulis berbasis kesadaran diri dan refleksi mendalam. Pendekatan ini mengintegrasikan praktik mindfulness (kesadaran penuh) dengan bimbingan penulisan akademik yang terstruktur untuk membantu guru mengelola stres, meningkatkan fokus, serta menghasilkan karya tulis ilmiah yang bermakna dan berkualitas tinggi.
Selama kegiatan berlangsung, para guru dibimbing dalam menumbuhkan kesadaran diri sebelum dan selama proses menulis, dilanjutkan dengan sesi pendampingan praktis dalam penyusunan laporan reflektif, artikel ilmiah, dan proposal penelitian tindakan kelas. Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dan menyampaikan bahwa pendekatan berbasis mindfulness membantu mereka menulis dengan lebih tenang, fokus, dan produktif.
Dalam sambutannya, Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata komitmen UNNES sebagai Universitas Konservasi Bereputasi Internasional yang berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas profesional guru-guru Indonesia di kancah global.
“Profesionalisme guru tidak hanya dibangun melalui keterampilan teknis, tetapi juga melalui kesadaran diri dan keseimbangan emosi. Melalui pendekatan mindfulness, kami ingin membantu para guru menulis dengan penuh makna, empati, dan nilai kemanusiaan,” ujar Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Kegiatan ini juga berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera), melalui upaya peningkatan kesejahteraan psikologis dan kapasitas profesional guru secara reflektif, adaptif, dan berkelanjutan.




