Semarang, 17 Oktober 2025 – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP), Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan kegiatan Joint Teaching bersama Dr. Donnie Adams, Ph.D. dari University of Melbourne, Australia.
Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah School Management dengan tema “Practical Strategies for Transformational Leadership: Empowering Teachers, Strengthening Collaboration, and Ensuring Quality Education.”
Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Siti Nuzulia, S.Psi., M.Si., Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Riset, Bisnis, dan Kerja Sama FIPP UNNES. Dalam sambutannya, Dr. Siti Nuzulia menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian penting dari upaya internasionalisasi kurikulum, khususnya dalam memperkuat kompetensi mahasiswa calon guru agar memahami praktik kepemimpinan sekolah yang inklusif, kolaboratif, dan berorientasi pada mutu pendidikan.

Sesi utama dimoderatori oleh Dr. Wulan Aulia Azizah, M.Pd., yang juga merupakan koordinator mata kuliah School Management. Dalam sesi tersebut, Dr. Donnie Adams menyampaikan paparan akademik mengenai konsep dan praktik kepemimpinan sekolah yang transformatif, dengan menekankan peran strategis pemimpin dalam membangun budaya sekolah yang kolaboratif, inovatif, dan berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Beliau menjelaskan bahwa kepemimpinan yang efektif tidak hanya bergantung pada otoritas struktural, tetapi juga pada kemampuan menunjukkan empati, menjadi teladan, dan membimbing guru serta siswa dalam pengembangan profesional dan personal.
Dr. Adams juga menyoroti pentingnya pendekatan mentoring by role modeling dalam kepemimpinan sekolah yang berorientasi pada pembelajaran berkelanjutan dan kesejahteraan emosional seluruh warga sekolah.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat apresiasi secara virtual kepada Dr. Donnie Adams oleh Dr. Siti Nuzulia, serta sesi foto bersama seluruh peserta. Melalui kegiatan ini, PGSD UNNES mempertegas komitmennya dalam memperluas jejaring kolaborasi akademik internasional dan memperkuat implementasi SDG 4: Quality and Inclusive Education, dengan menyiapkan calon guru yang visioner, reflektif, dan berjiwa kepemimpinan transformatif.




