Sumber: dok.pribadi
Di saat sebagian besar mahasiswa psikologi berburu pengalaman magang di bidang industri, klinis, sosial, atau bahkan pendidikan, mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang (UNNES) justru memilih jalur yang terbilang anti-mainstream. Azzaitun Nur Rachma, Akhfiya Nasywa Faridah, serta Rafi Hilmy Aminuddin memanfaatkan momen ini dengan meraih kesempatan di lingkungan baru untuk mengaplikasikan ilmu psikologis ke dunia digital marketing.
Selama proses 3 bulan magang, tepatnya pada April hingga Juni 2025, ketiga mahasiswa psikologi UNNES tersebut menjalankan programnya di PT Lokatara Industri Persada, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri ramah lingkungan. Mereka memperoleh pengalaman terkait pembuatan strategi marketing brand untuk konsumen yang dilakukan dengan pendekatan psikologis, yakni insight perilaku, story telling emosional, serta psikologi komunikasi & empati audiens.
Magang ini menawarkan pengalaman menarik dengan pekerjaannya yang cenderung fleksibel namun tetap terarah. Seringkali mahasiswa terlibat dalam brainstorming yang mengedepankan praktik psikologi kognitif, komunikasi & kepercayaan tim, serta kolaborasi efektif. Hasilnya, mereka dapat mengembangkan kemampuan riset & observasi perilaku audiens, pengetahuan terkait content planning & narasi brand, serta meningkatkan empati & pendekatan human centered.
Salah satu dari mahasiswa tersebut memberikan kesan yang menarik, “Kolaborasi dapat tercipta dengan membangun kepercayaan dari awal. Pengalaman magang ini menjadi momen berkesan karena ada pertemuan antara teori psikologi dan pengalaman nyata. Dan di PT Lokatara, Psikologi bukan hanya sekadar teori.”
Adanya peluang baru ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa lain untuk terjun secara langsung ke dunia digital marketing, mengaplikasikan ilmu psikologi ke dalamnya, serta memperoleh wawasan baru tentang research and development. Dengan terbukanya peluang ini, diharapkan kedepannya ilmu psikologi dapat terus berkembang dan berkontribusi di ranah industri kreatif.



