Menggapai Asa di Kelas Inklusi: UNNES Dampingi Guru SD di Kota Pekalongan

Universitas Negeri Semarang/Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi/Berita/Psikologi/Menggapai Asa di Kelas Inklusi: UNNES Dampingi Guru SD di Kota Pekalongan

Pekalongan, 9 Juli 2025 – Pendidikan inklusif menjadi salah satu isu yang terus mendapat perhatian di Kota Pekalongan. Berdasarkan data Dinas Pendidikan setempat, lebih dari 700 peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) teridentifikasi berada di jenjang Sekolah Dasar. Jumlah ini menunjukkan bahwa sekolah-sekolah reguler di Pekalongan dihadapkan pada tantangan besar untuk memenuhi kebutuhan semua siswa secara adil, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Meski demikian, banyak guru SD yang belum sepenuhnya memahami pendekatan dan strategi pengelolaan kelas inklusi secara tepat. Keterbatasan pengetahuan, pengalaman, serta kurangnya forum pelatihan khusus menjadi salah satu kendala utama. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang (FIPP UNNES) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bertajuk “Menggapai Asa Bersama Anak Berkebutuhan Khusus melalui Penguatan Kompetensi Guru dalam Mengelola Kelas Sekolah Inklusi Kota Pekalongan.” 

Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, pelatihan ini diikuti oleh 30 guru Sekolah Dasar dari berbagai sekolah inklusi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian dosen FIPP UNNES yang didanai oleh fakultas dan ditujukan untuk memperkuat kapasitas guru dalam menerapkan prinsip-prinsip pendidikan inklusif di ruang kelas.

Ketua pelaksana kegiatan, Woro Apriliana Sari, M.Psi., Psikolog, menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah peningkatan pemahaman sekaligus penguatan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran inklusif. “Kami tidak hanya ingin membekali guru dengan teori, tetapi juga memfasilitasi proses refleksi dan praktik, termasuk pendampingan setelah pelatihan selesai,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Mabruri, yang hadir dalam pembukaan kegiatan, memberikan apresiasi atas kolaborasi ini. “Saat ini Pemerintah Kota Pekalongan tengah berupaya memperkuat layanan pendidikan inklusif. Dengan jumlah PDBK yang cukup besar, maka pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan untuk membekali guru-guru kita agar siap menjalankan peran di sekolah inklusi,” jelasnya.

Tiga Materi Strategis untuk Satu Visi Inklusif

Pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber dari FIPP UNNES yang membawakan materi secara tematik dan aplikatif. Materi pertama disampaikan oleh Laila Listiana Ulya, M.Psi., Psikolog, yang mengulas jenis-jenis anak berkebutuhan khusus melalui studi kasus. Ia menekankan bahwa pemahaman karakteristik individu menjadi fondasi penting dalam membangun kelas yang inklusif, responsif, dan adaptif.

Materi kedua disampaikan oleh Hasna Pratiwi, M.Psi., Psikolog, yang memfokuskan pada strategi dukungan positif bagi guru. Dalam pemaparannya, ia mengajak para peserta untuk membangun relasi empatik dengan siswa, menerapkan pendekatan berbasis penguatan (positive reinforcement), serta menciptakan suasana belajar yang aman dan memberdayakan semua peserta didik.

Materi ketiga dibawakan oleh Adelina Rahmawati, M.Psi., Psikolog, yang membahas penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI). Ia menegaskan pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan tenaga ahli agar PPI yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan potensi anak.

Untuk memastikan keberlanjutan penguatan kompetensi pasca pelatihan, tim pengabdian merancang sesi pemantauan dan diskusi daring yang akan difasilitasi oleh Edwindha Prafitra Nugraheni, M.Pd., Kons. Kegiatan monitoring ini bertujuan memfasilitasi refleksi praktik di kelas dan mendampingi guru dalam menghadapi tantangan nyata selama tahun ajaran berjalan.

Kegiatan ditutup dengan diskusi terbuka, di mana para guru menyampaikan pengalaman dan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan kelas inklusi. Beberapa isu yang muncul di antaranya adalah keterbatasan sumber daya pendukung, komunikasi dengan orang tua siswa, serta adaptasi kurikulum.

Sinergi Akademisi dan Pemerintah Daerah

Kegiatan pengabdian ini merupakan wujud nyata sinergi antara UNNES dan Dinas Pemerintah Kota Pekalongan dalam upaya mewujudkan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan. Melalui kolaborasi ini, FIPP UNNES berupaya mendekatkan peran akademisi dengan kebutuhan konkret masyarakat, khususnya di dunia pendidikan dasar. Komitmen untuk terus mendampingi guru menjadi bagian dari strategi berkelanjutan yang diharapkan membawa dampak positif jangka panjang bagi dunia pendidikan di Pekalongan dan sekitarnya.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.