Wuhan, China – 30 Oktober 2024. Dosen dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali menunjukkan komitmennya dalam kolaborasi internasional melalui kegiatan Visiting Lecture di Central China Normal University (CCNU), khususnya di Fakultas Psikologi. Dalam kesempatan ini, dosen FIPP UNNES memberikan kuliah tamu mengenai langkah-langkah dalam menemukan topik penelitian, mengidentifikasi research gap, dan menyampaikan hasil beberapa penelitian terkait penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) pada anak usia dini dan anak sekolah dasar.
Kuliah tamu yang diadakan di kampus CCNU, Wuhan, tersebut diisi oleh tim dosen FIPP UNNES yakni Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D, Yuli Kurniawati, SP S.Psi., M.A., D.Sc., Wulan Aulia Azizah, M.Pd., dan Fathin Farah Fadhila, M.Psi. yang memaparkan panduan komprehensif mengenai cara menentukan topik penelitian yang relevan dan signifikan. Mereka menjelaskan proses identifikasi research gap, yaitu langkah menemukan kesenjangan atau kekurangan dalam penelitian sebelumnya, sehingga penelitian baru dapat memberikan kontribusi penting dalam bidang tersebut. Metode ini dianggap krusial bagi para mahasiswa dan dosen di Fakultas Psikologi CCNU yang sedang mencari ide-ide inovatif untuk penelitian mereka.
Selain membahas metodologi penelitian, tim dosen FIPP UNNES juga berbagi hasil studi terbaru mereka yang menyoroti pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar. Penelitian ini mencakup berbagai aspek, termasuk bagaimana AI dapat digunakan untuk mendukung perkembangan kognitif, membentuk pola pembelajaran adaptif, dan mengidentifikasi kebutuhan khusus pada anak-anak. Dalam sesi ini, mereka juga mendiskusikan dampak AI terhadap perkembangan psikologis anak, serta etika dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan teknologi ini pada usia dini.
Visiting Lecture ini diharapkan mampu memperkaya wawasan mahasiswa di CCNU, serta memperkuat kerja sama akademik antara UNNES dan CCNU dalam upaya mendorong penelitian inovatif yang bermanfaat bagi pendidikan anak di era digital.