Alamat | Gedung F5 FIK UNNES, Kampus Sekaran Gunungpati Semarang |
Kode Pos | 50229 |
Telepon | (024) 8508007 |
Faximile | (024) 8508007 |
[email protected] | |
Website | http://ikm.unnes.ac.id |
Gelar Lulusan | S.KM |
Deskripsi | Program studi Kesehatan Masyarakat UNNES menyelenggarakan pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang kesehatan masyarakat dengan kualifikasi sarjana kesehatan masyarakat (S1) yang profesional, inovatif, kompetitif, dan peka terhadap konservasi lingkungan, moral, dan sosial-budaya. Lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat dibekali dengan kewirausahaan, ilmu kesehatan masyarakat penciri UNNES, yaitu pendidikan kesehatan masyarakat berbasis sekolah, serta ilmu kesehatan masyarakat umum yang terbagi ke dalam konsentrasi Epidemiologi dan Biostatistika, Gizi Kesehatan Masyarakat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, dan Administrasi Kebijakan Kesehatan. |
Misi |
|
Tujuan Prodi Kesehatan Masyarakat UNNES: | 1. Menghasilkan lulusan sarjana kesehatan masyarakat yang memenuhi standar kompetensi ahli kesehatan masyarakat, unggul dalam bidang pendidikan kesehatan serta berwawasan konservasi;
2. Menghasilkan produk penelitian bidang kesehatan masyarakat yang berwawasan konservasi dan kompetitif; 3. Menghasilkan produk, gagasan, teknologi tepat guna, rekayasa sosial dalam bidang kesehatan masyarakat untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat; 4. Menghasilkan kemitraan/ jejaring kerjasama dengan stakeholder bidang kesehatan masyarakat untuk kepentingan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. |
Kompetensi Lulusan Program Studi | 1. Mampu melakukan kajian dan analisis (Analysis and Assessment)
2. Mampu mengembangkan kebijakan dan prerencanaan program kesehatan (Policy development and program planning) 3. Mampu melakukan komunikasi (Communication skill) 4. Mampu memahami budaya local (Cultural competency/local wisdom) 5. Mampu melakukan pemberdayaan masyarakat (Community dimensions of practice) 6. Mampu memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarat (Basic public health sciences) 7. Mampu merencanakan dan mengelola sumber dana (Financial planning and management) 8. Mampu memimpin dan berfikir sistem (Leadership and systems thinking/ total system) |
Capaian Pembelajaran | Capaian pembelajaran sikap
Setiap lulusan Prodi Kesehatan Masyarakat UNNES harus memiliki sikap sebagai berikut: 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 6. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya; 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; 11. Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.
Capaian pembelajaran pengetahuan Setiap lulusan Prodi Kesehatan Masyarakat UNNES harus memiliki pengetahuan dalam: 1. Memahami budaya setempat (cultural competency/local wisdom); 2. Menguasai dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat (basic public health sciences).
Capaian pembelajaran keterampilan umum Setiap lulusan Prodi Kesehatan Masyarakat UNNES harus memiliki keterampilan umum sebagai berikut: 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; 7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskanke pada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya; 8. Mampu melakukan kajian dan analisis situasi kesehatan masyarakat (analysis and assessment); 9. Mampu melakukan komunikasi secara efektif (communication skill); 10. Mampu memimpin dan berfikir sistem (leadership and systems thinking/total system). Capaian pembelajaran keterampilan khusus Setiap lulusan Prodi Kesehatan Masyarakat UNNES harus memiliki keterampilan khusus sebagai berikut: 1. Mampu mengembangkan perencanaan program dan kebijakan kesehatan masyarakat (policy development nad program planning); 2. Mampu melakukan pemberdayaan masyarakat (community dimensions of practice); 3. Mampu merencanakan keuangan dan memliki keterampilan manajerial dana kesehatan (financial planning and management) 4. Mampu melakukan analisis situasi, perumusan permasalahan, perumusan pemecahan masalah, perumusan program kesehatan dan implementasinya, serta evaluasinya di masyarakat, institusi kesehatan, dan sekolah |
Kaprodi | |
Nama | Irwan Budiono, S.KM., M.Kes (Epid) |
Jabatan | Ketua Jurusan/ Prodi |
Sek. Prodi | |
Nama | Muhammad Azinar, S.KM., M.Kes. |
Jabatan | Sekretaris Jurusan/ Prodi |
Kepala Laboratorium | |
Nama | Sofwan Indarjo, S,KM.M.Kes |
Jabatan | Kepala Laboratorium |