
Semarang, 07 Agustus 2025 – Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali menerima kunjungan benchmarking dari Yayasan Pendidikan Widya Husada Semarang (YPWHS) dan Universitas Widya Husada Semarang (UWHS). Kali ini, kunjungan dilakukan dalam rangka mempelajari pengelolaan, manajemen, dan layanan Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes) UNNES sebagai langkah awal pendirian klinik oleh UWHS.
Kegiatan berlangsung pada Jumat, 01 Agustus 2025 mulai pukul 08.00 WIB di Ruang Meeting Puslakes UNNES. Rombongan tamu yang terdiri dari Wakil Rektor Non Akademik UWHS, Ketua YPWHS beserta jajarannya, disambut langsung oleh Ketua BOAB UNNES, Manajer Puslakes, serta para Kepala Divisi Puslakes UNNES.
Dr. Moh Solehatul Mustofa, M.A., Ketua BOAB UNNES menyambut baik kunjungan Doddy Karyanto Budisantoso, S.T, M.BA, M.Kes. Ketua YPWHS, beserta jajarannya. Kunjungan ini merupakan gambaran dari semangat kolaborasi antarperguruan tinggi dan diharapkan dapat menunjang pembangunan dan pengembangan klinik.
Acara diawali dengan sambutan dari Ketua BOAB. Sambutan juga disampaikan oleh Ketua YPWHS yang menjelaskan maksud kedatangan mereka untuk memahami proses pendirian dan pengelolaan klinik secara lebih mendalam. Kegiatan ini turut diisi dengan penayangan profil BOAB UNNES dan profil Universitas Widya Husada Semarang, serta sesi pemaparan materi.
Penjelasan tentang pengelolaan Puslakes UNNES disampaikan oleh Manajer Puslakes, dr. A Setyo Wahyuningsih, M.Kes., sementara informasi teknis mengenai pendirian klinik dan pengelolaan BPJS Kesehatan dijelaskan oleh dr. Hasti Widyastari, selaku Kepala Divisi Administrasi dan Manajemen Klinik.
Setelah sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung hangat, acara dilanjutkan dengan safari kunjungan ke berbagai fasilitas layanan Puslakes. Kedua pihak juga melakukan pertukaran kenang-kenangan sebagai bentuk penghargaan dan simbol kelanjutan kerja sama.
Kegiatan benchmarking ini diharapkan menjadi langkah awal menuju kerja sama strategis antar kedua instansi, serta pertukaran pengetahuan antarperguruan tinggi dalam mengembangkan layanan kesehatan yang berkualitas dan berkelanjutan
Penulis : Abian Hilmi Hidayat
