Prof. Dr. rer.nat. Wahyu Hardyanto, M.Si.


Prof. Dr.rer.nat. Wahyu Hardyanto M.Si. lahir di Boyolali 24 November 1960. Ia menyelesaikan pendidikan doktoral Fisika Kebumian Freiberg Technische Universitat Bergakademie, Freiberg, Jerman . Sebelumnya, Prof. Wahyu Hardyanto menempuh pendidikan magister Fisika Komputasi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Adapun pendidikan S1 ia tempuh di Universitas Negeri Semarang pada Jurusan Pendidikan Fisika.

Disertasinya Groundwater Modeling Taking Into Account Probabilistic Uncertainties membahas geospasial untuk menghitung model yang dapat memberi informasi tentang intensitas aliran air bawah tanah. Dengan mengetahui kalkulasi mendasar tentang aliran dan perpindahan air tanah persoalan tentang pengelolaan limbah yang intrusi ke dalam tanah bisa ditangani dengan lebih baik.

Peneletian lain yang Prof. Dr.rer.nat. Wahyu Hardyanto M.Si lakukan antra lain Aplikasi metode MC dan LHS pada penentuan mommen inersia benda padat (2004), Paket Pembelajaran Mandiri (Self Regulated Learning) Konsep Energi dengan MOODLE secara Online di Jurusan Fisika FMIPA Unnes (2007), dan Peningkatan konsep fisika secara utuh bagi mahasiswa Fisika FMIPA UNNES melalui paket program pembelajaran mandiri (Self Regulated Learning) (2004).

Selain itu, Prof. Wahyu Hardyanto juga mengembangkan program pembelajaran mandiri berorientasi virtual reality. Penelitian Paket Program Pembelajaran Mandiri (Self Regulated Learning) Berorientasi pada Virtual Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi secara Utuh bagi mahasiswa Fisika FMIPA Unnes dilakukannya pada 2004. Tahun berikutnya, ia menelitia Pemodelan Interaktif Fenomena Fisika secara Tiga Dimensi dengan VRML (Virtual Reality Modeling Language).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Senin, 5 November 2012 21:06 WIB Dibaca : 4.684 kali