Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd


Profesor Pendidikan Olahraga Prof. Dr. Tandiyo Rahayu M.Pd menempuh studi doktor dan magister di Universitas Negeri Jakarta. Pendidikan S1-nya ditempuh di Universitas Negeri Semarang (dulu IKIP Semarang). Dosen kelahiran Semarang 20 Maret 1961 ini mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian di Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Reksreasi (PJKR).

Sebagai peneliti Prof. Dr. Tandiyo Rahayu M.Pd telah menyumbang sejumlah gagasan dalam bidang olahraga. Dalam pidato berjudul “Pendekatan Multi Dimensi dalam Penelitian Keolahragaan”, Prof Tandiyo Rahayu mengatakan, untuk melakukan penelitian tentang keolahragaan tidak dapat dilakukan hanya dalam satu bidang ilmu, yaitu ilmu keolahragaan.

“Sebab banyak hal yang berpengaruh di dunia keolahragaan, sehingga diperlukan penelitian secara komprehensif dalam berbagai bidang ilmu untuk mengkaji permasalahan yang dihadapi oleh kondisi keolahragaan di Indonesia,” katanya.

Menurut Prof. Tandiyo, akan banyak pertanyaan muncul saat mengkaji masalah olahraga. Ia menyebutkan antara lain berkaitan dengan psikologis, budaya, dan sebagainya yang tidak akan mungkin dapat dijawab oleh peneliti seorang diri, apalagi hanya dari satu sudut pandang keilmuan.

Dalam penelitian “Pengembangan Teknologi Analisis Citra Digital untuk Penilaian Postur” ia menyampaikan proses pengenalan postur secara otomatis antara citra subyek dan citra ideal melalui pengubahan ke citra biner dapat dilakukan. Pengenalan ini dengan dengan metode perbandingan luas bidang tubuh antara citra subyek dengan citra ideal yang sudah ada . Dalam metode ini, ditentukan ciri/fitur yang berpengaruh dalam menentukan tipe/bentuk seseorang ke dalam satu dari 3 tipe.

Di bidang olahraga, penelitian yang dilakukan Prof. Dr. Tandiyo Rahayu M.Pd antara lain Penelitian Model Senam Pekerja (2005-2006) dilakukannya selama dua tahun, Penerapan Pembelajaran Resource-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Mahasiswa dalam Perkuliahan Psikologi Olahraga (2006), Pengembangan Alat Ukur Keterampilan Lompat Jangkit (2004), Survei Proses Penguasaan Gerak Dasar Tenis Lapangan (2003), Patol: Olahraga Tradisional di Wilayah Pesisir Utara Jawa (Ketua Peneliti) (2001), Pengembangan Alat Ukur Keterampilan Gerak Dasar Permainan Softball (2000), dan Kontribusi Postus Dinamis Tubuh terhadap Tingkat Keterbelajaran Gerak (2009).

Selain itu, Prof. Dr. Tandiyo Rahayu M.Pd juga melakukan riset dalam bidang pendidikan keolahragaan, antara lain Penerapan Pembelajaran Melalui Diskusi Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa dalam Perkuliahan Metodologi Penelitian (2006), Survei Karakteristik Gerak Dominan Para Buruh di Wilayah Kota Semarang dan Sekitarnya (2002), Survei Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penelitian Mandiri) (2002), Survey Keterbelajaran Gerak Anak Anak Usia Sekolah Dasar di Jawa (2008).
Penelitian lainnya, antara lain Pengembangan Teknologi Analisis Citra Digital untuk Penilaian Postur (2009), Pengembangan Kuesioner Online untuk Meningkatkan Kualitas PBM di Prodi POR PPs Unnes (2010), dan Persepsi Masyarakat Perkotaan terhadap Kebutuhan Aktivitas Fisik Untuk Mencapai Hidup Sehat : Studi Komparasi Indonesia – Malaysia ( 2011).

 

 


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Senin, 5 November 2012 21:04 WIB Dibaca : 5.212 kali