Prof. Dr. Haryono, M.Psi.


Profesor Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP Prof. Dr. Haryono M.Psi. lahir di Semarang 22 Februari 1962. Ia adalah doktor manajemen pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pendidikan magister pada Bidang PSikologi Perkembangan ia tempuh di Universitas Indonesia. Adapun pendidikan S1 dalam bidang Teknologi Pendidikan dan Kurikulum ia tempuh di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Sejumlah penelitian telah dilakukannya, antara lain:

  1. Penelitian dan Pengembangan Model Pendidikan Ketenaga kerjaan Bersumberdaya Masyarakat bagi Remaja Putus Sekolah di Pedesaan, DP3M Dikti (1993).
  2. Penelitian dan Pengembangan Model Proses Belajar Bercirikan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis bagi Siswa SD Jawa Tengah 1994-1997 (1994).
  3. Pendayagunaan Media Cetak dalam Proses Belajar Mengajar di Pendidikan (1994).
  4. Faktor-faktor Psikologis dan Lingkungan Sosial yang Mempengaruhi Kecenderungan Nakal, Studi Deskriptif Analitik terhadap Siswa SMU di Kodia Semarang (1995).
  5. Motivasi dan Sikap Akademik Mahasiswa Program D-II PGSD Penyetaraan IKIP Semarang (1998).
  6. Tugas dan Kinerja Guru SD di Jawa Tengah (1999).
  7. Kecenderungan Cara Berpikir Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Eksplorasi pada Siswa Kelas V SD di Kota Semarang) (2001).
    Kajian dan Analisa Pelaksanaan Desentralisasi Pendidikan di Jawa Tengah (2002).
  8. Pengembangan Model Pembelaajran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains: Strategi Pembentukan Kompetensi Dasar Hidup Siswa (2003).
  9. Implementation of IMSTEP Product towards REDIP-2 Program to Improve Quality of Teaching Learning Activity in Junior High School (2003).
  10. Pengembangan Model Bercerita yang Berbasis Analisis Fungsi Tokoh Cerita Anak-anak untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional (2003).
  11. Pengembangan Model Layanan Implementasi Kurikulum (2004).
  12. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa dalam Kerangka Implementasi Kurikulum 2004 di Kota Semarang (2005).
  13. Profesionalisasi Pembelajaran Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI dan K) di Sekolah Menengah (2006).
  14. Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan Dasar Berkualitas di Jawa Tengah (2006).
  15. Tingkat Keinovatifan Guru (Survei di Kabupaten Semarang) (2003).
  16. Pendidikan Dasar di Daerah yang Memerlukan Pendidikan Layanan Khusus (2007).

 

 

 

 

 


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Senin, 5 November 2012 21:22 WIB Dibaca : 4.330 kali

X