Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons


Prof. Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto M.Pd., Kons yang akrab disapa Prof. DYP lahir di Banyumas 1 Desember 1961. Pengampu mata kuliah Model-Model Konseling pada Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) ini menempuh pendidikan dokoral dan magister di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Sebelumnya, Prof. DYP menyelesaikan pendidikan profesi di Universitas Negeri Padang (UNP) dan Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Semarang.

Sejumlah artikel-artikel ilmiah Prof DYP baik yang spesifik pada persoalan konseling maupun pendidikan telah diterbitkan, antara lain Pendayagunaan Teknik Ganjar Diri (Self-Reward) Sebagai Strategi Pengembangan Kemandirian (2002), Refleksi Prinsip Etik Dalam Konseling (2002), Pendayagunaan Atribusi Dalam Mengelola Kegagalan dan Keberhasilan (2002), dan Peningkatan mutu Sekolah Dasar melalui pemberdayaan Bimbingan dan Konseling (2002).

Adapun artikel lainnya, antara lain Peranan Pendidikan Budi Pekerti dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Berkualitas (2001), Pemberdayaan orang tua dan masyarakat dalam kerangka implementasi manajemen berbasis sekolah (2002), Perspektif bimbingan dan evaluasi dalam setting pendidikan tinggi (2002), Perspektif dan kerangka kerja manajemen berbasis sekolah (2002). Selain artikel tersebut, buku Psikologi Konseling (2007) yang ditulisnya juga talah terbit.

Penelitian yang telah dilakukan Prof. DYP antara lain pengembangan Model Akreditasi Sekolah Dan Sertifikasi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah (2010), Model Implementasi Pengembangan Diri Melalui Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Pada SMA di Jawa Tengah (2010), Pengembangan Inventori Kesulitan Belajar Berbasis Self Regulated Learning Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (2011), dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Bioenterpreneurship Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Ilmiah Dan Minat Berwirausaha Siswa (2011).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Diperbarui oleh: Rochsid Tri HP pada Rabu, 7 November 2012 19:25 WIB Dibaca : 4.810 kali