8 SMA Pentaskan Drama Berbahasa Jawa

Sabtu, 22 Desember 2012 | 15:20 WIB


8 SMA Pentaskan Drama Berbahasa Jawa
SIGIT ADHI WIBOWO

Pementasan drama SMA 2 Ungaran dalam Festival Drama Berbahasa Jawa Tingkat SMA Se-Jawa Tengah.

Delapan peserta yang terdiri atas  siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Tengah, unjuk kebolehan pada Festival Drama Berbahasa Jawa Tingkat SMA Se-Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (22-23/12), di B1 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS Unnes).

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa FBS Unnes Yusro Edy Nugroho dalam sambutannya mengatakan, kegiatan rutin sebagai agenda jurusan ini sebagai upaya menanamkan kecintaan berbahasa Jawa di kalangan remaja.

“Sudah saatnya yang muda yang berkarya. Melalui acara ini, bahasa Jawa tidak lagi identik dengan hal yang kuno dan yang tua. Terbukti melalui berkesenian drama Jawa,” katanya.

Mereka yang bertanding adalah SMA 1 Ungaran, SMA 2 Ungaran, SMA PGRI Kendal, dan SMA Klirong. Selain itu SMA 12 Semarang, SMA 7 Surakarta, SMK 2 Semarang, dan SMA PMS Kendal.

Adapun juri festival adalah seniman teater Sosiawan Leak, Kahar Dwi Prihantono dari Balai Bahasa Semarang, dan dosen teater Jurusan Bahasa Indonesia FBS Unnes Sendang Mulyana. Pada akhir pementasan akan dipilih berbagai kategori juara, di antaranya juara I-III, pemain, sutradara, iringan, dan artistik terbaik.


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 2.661 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “8 SMA Pentaskan Drama Berbahasa Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *