Peluang Beasiswa dari Pemerintah Belanda

Kamis, 26 April 2012 | 11:40 WIB


Pemerintah Belanda membuka pendaftaran beasiswa Van Deventer Maas Stiching (VDMS) yang ditujukan untuk D3, S1, dan S2. Pendaftaran ditututup 30 April 2012.

Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Fathur Rokhman mengemukakan hal itu, Kamis (26/4) di kampus Sekaran.

Adapun jurusan yang dibuka adalah Akuntansi, Pertanian/perikanan, Biologi, Kimia, Komunikasi, Matematika, Fisika, Ekonomi, Pendidikan, Teknik. selalin itu Bahasa Inggris, Financial Management, Teknologi, Health/ medicine, Hotel Management, Informatika, Technology/ICT, Manajemen, Pariwisata.

“Untuk jangka waktu, beasiswa dimulai dari tahun ke dua,” ujar Prof Fathur. Jenjang D3 diberikan dari tahun ke 2sampai tahun ke 3, S1 diberikan dari tahun ke 2 sampai ke 4, dan S2 diberikan pada tahun ke dua. Untuk persyaratan S1 dan D3, umur maksimal 27 tahun, IPK Minimal 3.00, keterangan pendapatan orang tua dan surat keterangan tidak mampu berstempel kelurahan.

Selain itu, pendaftar juga menyerahkan fotokopi kartu tanda mahasiswa, kartu keluarga, fotokopi transkrip terakhir, surat rekomendasi dari dekanat, dan motivational letter (1 halaman) ditulis dalam bahasa Inggris, ukuran A4, Times New Roman font 12, 1 spasi. Ketentuan lain, calon peserta menyertakan 2 buah fotokopi rekening listrik dan rekening telepon terakhir, 1 buah fotokopi buku rekening bank, dan 2 buah foto ukuran 3×4 (untuk application form).

Bagi pendaftar S2, umur maksimal 34 tahun (bagi dosen/guru), dan maksimal 30 tahun (bagi mahasiswa Unnes), ber-IPK min 3.25, keterangan pendapatan (atau keterangan pendapatan orang tua untuk mahasiswa yang belum bekerja), dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, dan surat pernyataan dari Ketua Program tentang kondisi keuangan sebagai mahasiswa S2 atau surat keterangan sebagai dosen atau guru.

Syarat lain, peserta melampirkan 1 buah foto kopi ijazah dan transkrip S1, 1 buah fotokopi kartu tanda mahasiswa dan kartu keluarga. dan 1 buah fotokopi transkrip terakhir, menulis motivational letter (1 halaman) ditulis dalam bahasa Inggris, A4, Times New Roman font 12, 1 spasi. Selain itu, calon peserta menyertakan 2 buah fotokopi rekening listrik dan rekening telepon terakhir, 1 buah fotokopi buku rekening bank, dan 2 buah foto ukuran 3×4 (untuk application form).

Pengumpulan berkas paling lambat tanggal 30 April 2012 di bagian kemahasiswaan Unnes. Formulir dapat diambil di tempat yang sama atau diunduh di laman formulir beasiswa vdms. Contact person: Badrus Siroj (081326181281).


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 5.105 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

8 komentar pada “Peluang Beasiswa dari Pemerintah Belanda

  1. syaratnya lumayan banyak dan membinungkan,
    semoga yg tidak mampu dan bener2 tidak mampu bisa mendapatkan beasiswa ini

  2. Terima kasih. Beasiswa ini untuk mahasiswa bukan calon mahasiswa. Syarat-syarat lengkap dan rinci yang tidak membingungkan silahkan membuka laman kerjasama.unnes.ac.id (bukan dalam format berita seperti di atas). Terima kasih

  3. apakah hanya jur. Akuntansi, Pertanian/perikanan, Biologi, Kimia, Komunikasi, Matematika, Fisika, Ekonomi, Pendidikan, Teknik. selalin itu Bahasa Inggris, Financial Management, Teknologi, Health/ medicine, Hotel Management, Informatika, Technology/ICT, Manajemen, Pariwisata sajakah yang dibuka ? Bagaimana jika ada mahasiswa Bahasa Jawa yang berminat untuk menuntut ilmu di negeri Belanda tersebut?
    terima kasih

  4. bagus sekali programnya… semoga bisa bergabung di jurusan Matematika, sayangnya saya tahu infonya telat, ditahun 2013 apakah masih ada? ada syarat toeflnya g? nuhun

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *