Outbond dan Sosialisasi IMABKIN di Unnes

Senin, 6 Februari 2012 | 9:33 WIB


Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN) mengadakan outbond dan sosialisai di lapangan Rektorat Unnes, Sabtu (4/2). Acara yang diberi nama Solidarity Guidance Counseling Of Central Java ini dihadiri oleh 75 mahasiswa dari berbagai Universitas di wilayah Jawa Tengah yang memiliki jurusan maupun proram studi Bimbingan dan Konseling (BK).

Dalam sambutanya, sekretaris Jurusan BK FIP Unnes Kusnarto Kurniawan MPd Kons mengajak IMABKIN supaya meningkatkan kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya. “Kegiatan itu berupa Peduli Merapi dengan melakukan Pelatihan Konseling Krisis, Play therapy, serta kegiatan-kegiatan lain yang sangat diperlukan,” katanya.

Aplikasinya, lanjut Kusnarto, bagi Guru BK atau Konselor sekolah. “Saat ini yang paling diperlukan adalah mewujudkan bukti fisik Guru BK dari penilaian berbasis Kinerja. Aplikasi-aplikasi nyata yang bisa dimanfaatkan oleh Guru BK dalam mendukung kinerjanya perlu diciptakan dan dihasilkan ole ide-ide cemerlang IMABKIN,” katanya.

Hadir dalam acara pembukaan pendamping himpunan mahasiswa (Hima) BK Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes Sigit Haryadi SPd dan Pembina B’coustic (komunitas seni music klasik mahasiswa BK FIP Unnes) Mulawarman MPd. Pra acara juga dimeriahkan oleh B’coustic dengan membawakan lagu-lagu andalannya.

Universitas yang berpartisipasi, yakni Universitas Slamet Riyadi, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Panca Sakti Tegal, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, IKIP Veteran Semarang, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas IKIP PGRI Semarang, Universitas Muria Kudus.

Sekadar informasi, IMABKIN adalah satu-satunya organisasi mahasiswa bimbingan dan konseling di Indonesia yang telah terdaftar di Dikti. IMABKIN sebagai wadah silaturrahmi mahasiswa Bimbingan dan Konseling seluruh Indonesia. Kegiatan pengenalan ini sebagai suatu agenda periodik untuk menambah pengetahuan bagi seluruh mahasiswa Bimbingan dan Konseling di wilayah Jawa Tengah.

Acara pengenalan ini dikemas disertai dengan kegiatan outbond. Tujuan dari diselipkan kegiatan outbond ialah untuk menggali kerja sama, kreativitas, keakraban, kekompakan, tanggung jawab, dan rasa percaya diri, di mana nantinya mahasiswa BK yang mengikuti organisasi IMABKIN harus mampu berkiprah dalam dunia pendidikan, masyarakat, berbangsa dan bernegara.


DIUNGGAH : Agus Setyo Purnomo Dibaca : 2.004 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

5 komentar pada “Outbond dan Sosialisasi IMABKIN di Unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *