Bersama TVRI Memasyarakatkan Campursari

Selasa, 1 November 2011 | 23:59 WIB


Bersama TVRI Memasyarakatkan Campursari
ANDHIKA KURNIAWAN/HUMAS

Delegasi dalam bentuk kesenian masih dirasa efektif untuk mengumandangkan Unnes sebagai universitas konservasi. Salah satu wujudnya adalah kerja sama kelompok campursari Sekar Domas Unnes di bawah arahan Abdul Rahman MPd, dosen Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) FBS, dengan TVRI Stasiun Jawa Tengah.

Penampilan kelompok campursari pada Selasa (1/11) pukul 20.30 tersebut merupakan sajian pada program Tutur Sepuh yang juga diisi narasumber dari Jurusan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik). Slamet Haryono MSn, Indriyanto MHum, dan Wadiyo MSi mbabar dhawuh selama tak kurang dari satu jam on air di studio TVRI Stasiun Jawa Tengah.

Pembantu Dekan Bidang II FBS Malarsih MSn menyatakan kerja sama Unnes dan TVRI dalam wujud kesenian akan terus dijalin dengan baik. “Telah lama TVRI menayangkan berbagai bentuk kesenian dari Unnes, baik karawitan, ketoprak, tari, maupun campursari dan keroncong,” jelasnya.

Tutur Sepuh pada kesempatan itu membahas campursari, mulai dari sejarah, perkembangan, dan tantangannya. Indriyanto MHum mengemukakan, campursari sebagai sebuah musik industri harus dapat bersaing dengan musik lain. Terlebih campursari mempunyai ciri tersendiri, yaitu berbasis musik tradisi Jawa namun telah dapat berakulturasi dengan musik modern. “Walaupun telah mengalami perkembangan seperti sekarang, hendaknya musik campursari tetap mengusung nilai-nilai tradisi Jawa,” kata Wadiyo MSi menyimpulkan di akhir acara.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.295 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

6 komentar pada “Bersama TVRI Memasyarakatkan Campursari

  1. bravo!!!!! Campursari Sekar Domas… Semoga semakin jaya, dan bisa membawa misi Konservasi Unnes. Saya sebagai mahasiswa FBS sangat bangga terhadap anak-anak muda yang mengangkat Musik Campursari. Ayo prakanca, Nguri-Uri Budaya Jawa, Salam Konservasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *