Kelompok Studi Wanita Susun Profil Daerah Layak Anak

Kamis, 17 Maret 2011 | 15:16 WIB


Sebagai bentuk kepedulian terhadap pemberdayaan perempuan dan keluarga, Kelompok Studi Wanita Universitas Negeri Semarang melakukan penyusunan profil dan road map Kabupaten/Kota Layak Anak. Dalam Forum Discussion Group (FGD) yang diselenggarakan Pusat Studi Wanita LP2M Unnes, Kamis (17/3), tata kelola profil daerah layak anak diyakini sebagai kebutuhan yang cukup mendesak.

Hadir sebagai pembicara dalam forum itu, Prof Tri Marhaeni Pudji Astuti (FIS Unnes) dan Dr Siti Hariti Sastriyani (FIB UGM).

Siti Hariti mengungkapkan bahwa urgensi menyusun profil apapun termasuk anak membutuhkan data pilah gender. Data pilah gender itu artinya data yang dikumpulkan berdasarkan jenis kelamin.

Lha kalau para penentu kebijakan tidak punya data itu ya  tidak bisa bikin kebijakan,” ungkapnya.

Menurut Tri Marhaeni, orang-orang yang mau menyusun data pilah gender itu harus paham tentang konsep gender sehingga bisa menganalisis gender. Data pilah dan data anak kebutuhan khusus yaitu difabel dan yang cerdas untuk merumuskan kebijakan yang tepat.

“Maka di sini ada tiga kegiatan yakni konsep gender, analisis gender, dan penyusunan profil anak. Sudah ada kerja sama dengan kabupaten/kota Kendal,” jelasnya.


DIUNGGAH : Nana Riskhi Dibaca : 2.575 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

satu komentar pada “Kelompok Studi Wanita Susun Profil Daerah Layak Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *