2013, Sarjana Kesehatan Masyarakat Dapat STR

2013, Sarjana Kesehatan Masyarakat Dapat STR
SIHONO/HUMAS

Mulai tahun 2013 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melalui Majelis Tenaga Kerja Provinsi memberikan surat tanda registrasi (STR) kepada lulusan program pendidikan S1 kesehatan masyarakat.

Demikian dikatakan dr. Adang Bachtiar MPH ScD Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) pada Studium Generale yang diselenggarakan  Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang  (Unnes) Selasa (11/9) di  gedung F lantai 1 ruang serba guna.

“Untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat, diperlukan lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang berkualitas. Untuk itu diperlukan sistem sertifikasi dan standar pelayanan profesi kesehatan masyarakat. SKM sendiri sesuai amanah UU Kesehatan no. 36 tahun 2009 adalah sumberdaya kesehatan strategis untuk melaksanakan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) bidang promotif dan preventif,” kata  dr. Adang Bachtiar.

Kondisi saat ini, lanjut Adang Bachtiar, belum terpenuhinya kualitas tenaga kesehatan sehingga tenaga kesehatan menjadi tanggungjawab Kementerian Kesehatan termasuk tenaga kesehatan asing yang masuk ke wilayah NKRI.

dr. Adang juga mengemukakan isyu strategis adalah kualitas pendidikan kesehatan belum terpadu dengan kualitas pelayanan kesehatan dan belum jelasnya jenjang karir tenaga kesehatan masyarakat (tahapan pendidikan, penempatan, dan pengembangan karir profesi), katanya.

Pelaksanaan registrasi ini bertujuan sebagai pedoman bagi penyelenggaraan pendidikan, tenaga kesehatan masyarakat dalam pekerjaan dan tugas profesianya, untuk pengaturan, pendayagunaan, pembinaan, pengawasan, pengambilan kebijakan untuk penetapan, dan peningkatan karir.

Irwan Budiono Mkes ketua panitia melaporkan kegiatan ini mengusung tema “Peran Lembaga Penyelenggara Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat dalam Menyiapkan Sarjana yang Profesional dan Teregistrasi” diikuti 125 peserta dari mahasiswa, dosen, dan tamu undangan dari Universitas lain dengan moderator Dr dr Oktia Woro KH Mkes.

 

 

 

62 Responses to “2013, Sarjana Kesehatan Masyarakat Dapat STR”

  1. m rifki nauvaldi mengatakan:

    Sama gue juga maba fkm tp gue juga masih ragu sama prospeknya nggak pasti gitu mohon bantuannya…

  2. dwi yunita mengatakan:

    Saya mahasiswa FKM UNMUL semester 3, saya ragu sama prospek kerja SKM, saya takut kalo nanti udah lulus dari FKM saya jadi pengangguran atau bekerja bukan di bidangnya seperti pengalaman SKM yg ada, saya mau pindah ke fakultas lain, tapi tak di ijinkan sama org tua, sampe2 saya mau pindah diam2 saja, saking takutnya saya
    Benarkah masa depan SKM masih jauh dari kata terjamin ? :(

  3. herlina rahmi mengatakan:

    Saya juga maba baru skm,tpi saya yakin prospek kerja skm bnyak kok asalkan kita benar benar giat berusaha saya rasa bisa dapatin yg terbaik. Buat bg hadad dulu fkm nya lulusan mana ya? Dn jurusan fkm yg diambil apa? K3 kesling gizi atau apa y?

  4. lia mengatakan:

    Saya juga calon SKM Ɣªήğ nanti otober 2014 mau wisuda, dan sampe sekarang saya masih bingung mau kerja apa? Dan pekerjaan apa Ɣªήğ pants untuk s1 SKM karena bener lata komentar temen” diatas,, qt selalu dipandang sebelah maataa,,
    Semoga kedepannya SKM jd lebih baek, dan tidak dpandang sebelah mata,,
    Moga diberi kemudahan dalam mencari pekerjaan

  5. Rizka mengatakan:

    SKM tak seburuk yg dipikirkan ! Saya mahasiswa ikm tinggat akhir

  6. Rizka mengatakan:

    Salam hangat dari saya mahasiswa IKM dan mengambil peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku .. Teman2 jgn ragu, prospek pekerjaan untuk tenaga SKM sangat luas ..
    Contoh nya Promkes, kalo di RS menjadi staff kehumasan, bisa jg di kantor dinkes, penanggulangan hiv/aids, PMI, puskesmas dll .. Seperti K3, akan ditempat kan diperusahaan2 dan PT2 .. Gizi, di rs .. Dan banyak lagi

  7. windy mengatakan:

    Mbak mas smua mau tnyk emng prospek krja lulusan fkm itu sdkit ta? Saya jd ragu mau msuk fkm kalo liat komen”nya.. Mohon pnjelasannya

  8. windy mengatakan:

    Mbk rizka ini fkm mana??

  9. Riri mengatakan:

    Saya sekarang bekerja di sebuah rumah sakit swasta sebagai tenaga Rekam Medis. Pengalaman saya bekerja di unit rekam medis sudah 4th.
    karena keadaan saya berencana ingin hijrah bekerja di jakarta, tetapi saya ragu dengan ijasah SKM dan pengalaman saya apa saya gampang kerja dijakarta? tolong bagi info ya…. lulusan SKM yang bekerja didaerah jakarta, depok,bekasi dan bogor… matur nuwun.

  10. Ujang Ali Mustofa mengatakan:

    Salam S5 (Sehat, selamat, sejahtera dan sukses selalu)….
    Membaca komentar-komentar yang ada rasanya seperti gw kembali ke masa2 dimana gw masih memiliki semangat yang menggebu2 untuk melihat IKM UNNES menjadi FKM. Sampai sekarang belum tho?hehe…
    Percayalah sesuai berjalannya waktu itu pasti jadi kenyataan. Asalkan Jurusan punya kemauan, mahasiswanya pinter2, alumninya sukses2.
    #Semoga bukan PHP

  11. inaestin mengatakan:

    Saya camaba kemas UMS, tinggal daftar ulang aja sih. Tapi kok jadi ragu gini sama prospek kerjanya ya :((

  12. Herni mengatakan:

    prospek kedepannya donk????
    ayo kita aktfkan organisasi IAKMI

Tinggalkan Balasan