SIKADU SEKILAS
Sistem Informasi Akademik Terpadu (Sikadu) adalah sistem informasi berbasis web yang dibangun dengan tujuan untuk mengorganisasikan data akademik di Universitas Negeri Semarang dan dapat diakses secara online melalui alamat: http://akademik.unnes.ac.id
FUNGSI SIKADU BAGI MAHASISWA
Fungsi Sikadu bagi mahasiswa antara lain untuk:
- Pengelolaan sistem registrasi,
- Sistem penjadwalan perkuliahan,
- Pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS),
- Monitoring perkuliahan,
- Pengorganisasian nilai hasil studi mahasiswa,
- Pendaftaran wisuda.
PROSEDUR LOGIN
Akun mahasiswa baru telah disiapkan oleh UPT TIK dan diatur dengan ketentuan sebagai berikut:
- Username adalah 10 digit Nomor Induk Mahasiswa (NIM), contoh 5301416033.
- Password default adalah tanggal lahir mahasiswa dengan format DDMMYYYY, contoh apabila mahasiswa lahir pada 4 Desember 1998 maka passwordnya 04121998.
- Bagi mahasiswa yang telah melakukan registrasi akun Sikadu sebelum pelaksanaan PPAK maka akan di non-aktifkan secara permanen.
- Setelah login, mahasiswa baru wajib mengganti password default dengan password yang mudah diingat oleh mahasiswa.
Pengisian Kartu Rencana Studi;
Sebelum mengisi KRS, kami sarankan mahasiswa sudah mengetahui rombel mana mahasiswa tersebut di tetapkan. silahkan ——> klik disini untuk memeriksanya. hal tersebut supaya dalam pengambilan matakuliah tidak salah mengambil matakuliah rombel lain. kesalahan pengambilan mata kuliah mengakibatkan kerancuan dalam jadwal kuliah (bentrok jam, ruang, dosen dan lain-lain) sehingga mahasiswa tidak bisa mengikuti perkuliahan secara penuh. pembuatan jadwal oleh operator didesain tidak ada bentrok baik jam, ruang, maupun dosen antara matakuliah satu dengan lainnya dalam satu rombel. Kebijakan sistem, ketika mahasiswa tidak bisa memenuhi kehadiran dalam perkuliahan minimal 75% dari total perkuliahan, maka mahasiswa tersebut tidak berhak diberi nilai (otomatis nilainya E) dan harus mengulang pada semester berikutnya. berikut kami terangkan langkah-langkah pengisian KRS
C. Lain-Lain;
- Layanan Akademik Mahasiswa di Sikadu bisa aktif setelah mahasiswa melakukan Registrasi administratif ( pembayaran SPP, SPL, Sardik dan lain-lain), ketika mahasiswa tidak melakukan registrasi administratif atau dinyatakan Lulus, maka layanan akademik mahasiswa di Sikadu otomatis terhenti dengan sendirinya;
- Sebelum melakukan Pengisian KRS, alangkah baiknya mahasiswa konsultasi ke Pengelola Program Studi dan Dosen Wali tentang matakuliah yang kan diambil;
- Sistem perkuliahan PPs Unnes adalah Sistem Paket. Mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil matakuliah yang sudah ditentukan pada semester tersebut dan tidak diijin mengambil matakuliah semester atasnya tanpa seizin pengelola program studi. jika ada matakuliah yang tidak memenuhi syarat (tidak lulus/E) mahasiswa diperbolehkan mengulang pada semester berikutnya;
- Seluruh Kegiatan Akademik di Sikadu ada jadwal dan rentang pelaksanaannya. pelaksanaan kegiatan akademik di sikadu diluar jadwal dan rentang yang sudah ditentukan tidak dilayani oleh sistem. untuk itu mahasiswa DIWAJIBKAN selalu memantau jadwal kegiatan akademik pada kalender akademik, pengumuman-pengumuman melalui Website (akademik.unnes.ac.id atau pps.unnes.ac.id) atau pengumuman di baliho dan papan pengumuman PPs Unnes;
- dalam keadaan yang mendesak, pengumuman dilakukan melaui sms gateway PPs Unnes. untuk itu agar biodata yang ada dalam Sikadu adalah biodata yang sebenarnya. jika ada salah biodata, mahasiswa bisa menghubungi Petugas IT PPs Unnes untuk pembetulannya;
- Informasi lain bisa hubungi bagian akademik PPs Unnes Telp. (024) 8440516 atau via email: [email protected].
- link video panduan penggunaan Sikadu —-> klik disini