Latar Belakang
Program Pascasarjana Unnes sebagai pengelola program yang mencetak magister dan doktor selalu berupaya untuk meningkatkan kualifikasi dosen, mahasiswa, guru, maupun masyarakat akademisi, agar menjadi akademisi yang lebih berkualitas, baik dari segi akademis maupun emosional. Upaya peningkatan kualitas, karakter menuju profesionalitas, dilakukan melalui berbagai kegiatan yang terus-menerus dan berkesinambungan pada setiap tahun. Salah satu kegiatan akademik yang dirancang diselenggarakan setiap tahun adalah seminar nasional.
Seminar nasional yang akan diselenggarakan Prodi S2 PEP, Program Pascasarjana Unnes tidak hanya membahas hal-hal yang berhubungan dengan Ipteks saja, tetapi juga hal-hal yang menjadi isu nasional dan sedang disosialisasikan yaitu akan diberlakukannya Kurikulum 2013 untuk tingkatan sekolah menengah, dan kurikulum KKNI untuk tingkat perguruan tinggi. Pada tataran kebijakan pelaksanaan kurikulum 2013, terlihat peran evaluasi atau assessment dalam pendidikan saat menentukan arah pendidikan. Kurikulum 2013 yang telah diberlakukan di sebagian sekolah, tidak berjalan mulus, dan masih terus dilakukan kajian diberbagai sisi. Hasil pencermatan menunjukkan, bahwa ditemukan kesulitan pelaksanaan, terutama pada indicator evaluasi oleh para guru. Pemahaman yang tepat tentang evaluasi, tentulah merupakan hal yang sangat penting baiki bagi dosen, guru, maupun para mahasiswa, untuk itulah permasalahan evaluasi dan karakter dalam dunia pendidikan tetap menarik jika selalu dikaji menggunakan ranah dan wadah ilmiah.
Pembahasan tentang Implementasi Evaluasi Karakter bagi dunia pendidikan diarahkan memperkukuh berbagai kompetensi, pengetahuan dan keterampilan, sehingga evaluasi pembelajaran harus mampu mengevaluasi karakter, serta melihat bagaimana implementasi di lapangan. Hal menarik peran evaluasi pendidikan dalam penyusunan kurikulum 2013, dan kurikulum KKNI diantaranya adalah hasil evaluasi terhadap KTSP, dan kurikulum sebelumnya. Hasil evaluasi KTSP disimpulkan perlu penyempurnaan. Melalui alat evaluasi siswa didorong memiliki kemampuan kreativitas yang diperoleh melalui kegiatan observing, questioning, associating, eksperimeting dan networking. Oleh karena itu sebagai pendidik perlu mengembangkan kreativitas peserta didik. Berkenaan dengan pembentukan karakter, banyak hal yang perlu dilakukan oleh para pemangku pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi ( Sukestiyarno, 2015)
Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan III (SNEP III) tahun 2015, diselenggarakan oleh Prodi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs Unnes mengambil tema Implementasi Evaluasi Karakter bagi Profesionalitas Pembelajaran dalam Pendidikan Berkelanjutan, dirancang sebagai ajang saling tukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, dan gagasan berkaitan dengan evaluasi pendidikan dan karakter dalam konteks tuntutan dunia pendidikan.
Dasar Kegiatan
Program Kerja Prodi PEP mengacu Program Pascasarjana Unnes Anggaran 2015
Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut.
- Mengkomunikasikan dan memfasilitasi pertukaran informasi antara peserta seminar dengan nara sumber yang kompeten berkaitan bidang kajian penelitian dan evaluasi pendidikan.
- Meningkatkan kerjasama antara para pendidik/peneliti bidang monitoring dan evaluasi pendidikan, pemerhati bidang kebijakan pendidikan, teknologi dan aplikasinya dalam bidang penelitian otentik.
- Mengetahui perkembangan bidang penelitian dan evaluasi pendidikan dalam konteks kurikulum 2013.
- Menemukan pemahaman tentang pendidikan karakter di kialangan pendidikan.
- Mencari solusi bagaimana implementasinya di lapangan bagi dunia pendidikan.
Manfaat Kegiatan
Dari kegiatan ini diharapkan bermanfaat mengembangkan kompetensi mahasiswa, pendidik, dan masyarakat lebih meningkat, baik dari aspek Ipteks maupun keterampilan, serta implementasi evaluasi dan karakter dalam dunia pendidikan dengan tepat.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan (SNEP ) III direncanakan dilaksanakan pada:
hari, tanggal | : | Sabtu, 31 Oktober 2015 |
waktu | : | Pukul 08.00 s.d. selesai |
tempat | : | Auditorium PPs Unnes Gedung G lantai 11, kampus Bendan Ngisor Semarang |
Narasumber dan Peserta
Narasumber | ||
Keynote Speaker | : | Prof. Dr. Kumaidi, M.Si (Dekan Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta) |
Pemakalah | : | Prof. Dr. Suwarsih Madya, M.Pd, ( PR IV, Universitas Negeri Yogyakarta) |
Prof. Dr. H. Achmad Slamet, M.Si. (Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Semarang) | ||
Peserta Seminar | : | Dosen, pendidik dan mahasiswa, masyarakat umum. |