Sistem Informasi Akademik Terpadu Universitas Negeri Semarang (Unnes) atau yang lebih dikenal dengan nama Sikadu adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang dibangun dengan tujuan mengorganisasi data akademik di Universitas Negeri Semarang secara online. Pengorganisasian data yang dimaksud meliputi pengelolaan sistem registrasi dan sistem penjadwalan perkuliahan, pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS), monitoring perkuliahan, pengorganisasian nilai mahasiswa, dan penanganan pendaftaran wisuda. Sikadu dapat diakses secara online melalui jaringan internet dengan alamat: http://akademik.unnes.ac.id.
Sistem ini mulai dikembangkan untuk sistem penjadwalan secara terpadu dan layanan registrasi administrasif-akademik mahasiswa pada tingkat sarjana dan diploma mulai 2007, sedangkan Program Pascasarjana (Magister S2 dan Doktor S3) Unnes mulai terintegrasi dengan Sikadu pada tahun 2009
Beberapa fasilitas yang tersedia di dalam Sikadu antara lain informasi registrasi, informasi biodata mahasiswa, jadwal kuliah, informasi kemajuan hasil belajar mahasiswa, rekapitulasi dan histori nilai akademik, tugas mengajar dosen, serta statistik data lain. Selain itu, Sikadu juga menyediakan fasilitas cetak untuk keperluan administrasi akademik yang dapat dipakai oleh seluruh operator baik dari tingkat universitas sampai program studi. Beberapa informasi juga disediakan bagi member pejabat yang dapat dipakai sebagai kontrol terhadap berbagai proses akademik pada semester berjalan, serta sebagai bahan pengambil keputusan atau kebijakan strategis yang diperlukan.
Fasilitas-fasilitas pada SIKADU hanya bisa digunakan oleh anggota/member dari SIKADU. dan yang berhak menjadi member sikadu adalah:
- Pejabat Unnes yang masih Aktif
- Dosen Unnes yang masih Aktif
- Pegawai Unnes yang masih Aktif
- Mahasiswa Unnes Aktif (belum Lulus/dan sudah melakukan registrasi Administratif)
1. | Buka Browser (kami sarankan menggunakan Mozilla Firefox atau Google Crhome). ketikkan pada alamat broser http://akademik.unnes.ac.id; |
2. | Ganti tahun akademik ke tahun akademik sekarang (gasal 14/15), selanjutnya klik menu “login”; |
3. | Selanjutnya klik tulisan “Untuk mahasiswa, silahkan daftar disini” yang berada dibawah form sign; |
4. | masukkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan Tanggal lahir, selanjutnya klik tombol “Masuk” |
5. | isikan user dan password yang akan digunakan. User Sikadu bersifat Unik (tidak boleh sama oleh pengguna yang lain) minimal 6 karakter (huruf/angka), maksimal 15 karakter. jika user yang diinginka sudah terpakai oleh user lain, sistem otomatis akan menolak penggunaan user tersebut untuk didaftarkan. untuk mengecek ketersediaan user yang kita daftarkan bisa digunakan klik tombol cek. password Sikadu minimal 6 karakter (huruf/angka), maksimal 15 karakter. penggabungan antara huruf dan angka semakin menjamin tingkat keamanan password. User dan password Sikadu tidak boleh terlalu mirip dengan Nama dan Nim pemilik accout. Penulisan user dan password dianjurkan menggunakan huruf kecil (tidak kapital) tanpa spasi. Anjuran: agar mengingat User dan Password yang telah didaftarkan (jika perlu dicatat). selama menjadi mahasiswa akan selalu menggunakan User dan Password tersebut. jangan sekali-kali memberikan User dan Password tersebut kepada orang lain. jaga kerahasiaan user dan password tersebut. |
6. | Selanjutnya isikan form-form biodata yang dibutuhkan. jika data yang dinputkan sudah lengkap dan valid selanjutnya klik tombol “DAFTARKAN MENJADI MEMBER SIKADU” jika berhasil akan ada konfirmasi dari sistem. untuk menguji kesuksesan proses pendaftaran member Sikadu silahkan Login menggunakan User dan Password yang didaftarkan tersebut. |
1. | Login menggunakan User dan Password yang sudah dibikin sebelumnya pada laman http://akademik.unnes.ac.id |
2. | Ketika berhasil login, akan ada ucapan selamat datang dari Sikadu |
3. | Selanjutnya, muncul menu “Mahasiswa” pada Header sistem. dari menu “Mahasiswa” inilah layanan akademik secara online akan diperoleh. silahkan klik menu “mahasiswa” |
4. | dari menu “mahasiswa” tersebut akan ada layanan (1) Biodata Pribadi, (2) Display KRS, (3) Isi KRS Mahasiswa, (4) Lihat Nilai Hasil Studi, (5) Pemesanan Mata Kuliah, (6) Rekap Nilai, dan (7) Ubah Pasword . silahkan klik menu “Isi KRS Mahasiswa” |
5. | karena belum ada KRS yang diinputkan maka tampilannya seperti gambar dibawah ini. silahkan klik tombol “MATA KULIAH PRODI” |
6. | Selanjutnya akan muncul seluruh matakuliah prodi. dalam hal ini mahasiswa harus teliti dalam memilih mata kuliah yang akan diambil (HARUS SESUAI DENGAN ROMBEL YANG SUDAH DITETAPKAN). matakuliah yang dimunculkan dalam bagian ini adalah matakuliah seluruh rombel yang ada dalam prodi tersebut, baik satu angkatan maupun angkatan yang lama. supaya mahasiswa konsisten pada pilihan rombel yang sudah ditetapkan ketika mengambil matakuliah (tinggal Klik “ambil” pada sisi sebelah kanan layar) mahasiswa harus berpatokan pada “keterangan” yang ada pada sisi sebelah kiri layar. silahkan klik tombol “ambil” pada matakuliah yang sudah terpilih |
7. | ketika matakuliah yang dipilih diambil (klik tombol “ambil”) otomatis matakuliah tersebut akan muncul pada kolom Rencana Studi Mahasiswa. idealnya jika pengambilan matakuliah benar ada keterangan dibawah kolom Rencana Studi Mahasiswa bahwa: Tidak ada tumbukan pada matakuliah yang diambil. jika muncul peringatan ada tumbukan, kemungkinan besar mahasiswa tersebut salah mengambil satu atau beberapa matakuliah yang bukan rombelnya. jika hal tersebut terjadi, bisa direvisi dengan menghapus matakuliah yang bentrok tersebut dengan klik tombol “Hapus” pada daftar mata kuliah di kolom kolom Rencana Studi Mahasiswa. selanjutnya ambil lagi matakuliah yang dirasa betul pada kolom mata kuliah prodi seperti pada langkah point 6. |
8. | selanjutnya, Jika dirasa proses pengambilan matakuliah sudah berhasil (matakuliah sesuai Rombel sudah diambil semua dan tidak ada yang tersisa), mahasiswa bisa melihat proses berhasilanya pada menu “Display KRS” di menu utama “Mahasiswa”. silahkan klik tombol “Display KRS” |
9. | Pada menu “Display KRS” akan terlihat hasil pengambilan Matakuliah (Isi KRS) yang telah dilakukan sebelumnya. sampai tahapan ini sesungguhnya proses pengisian KRS sudah berhasil. mahasiswa tinggal menghubungi Dosen wali untuk persetujuan Pengambilan KRS tersebut. jika dosen wali sudah menyetujui, Operator akan mencetakkan KRS mahasiswa yang kan dijadikan bukti Studi mahasiswa tersebut dalam satu semester |
- Layanan Akademik Mahasiswa di Sikadu bisa aktif setelah mahasiswa melakukan Registrasi administratif ( pembayaran SPP, SPL, Sardik dan lain-lain), ketika mahasiswa tidak melakukan registrasi administratif atau dinyatakan Lulus, maka layanan akademik mahasiswa di Sikadu otomatis terhenti dengan sendirinya;
- Sebelum melakukan Pengisian KRS, alangkah baiknya mahasiswa konsultasi ke Pengelola Program Studi dan Dosen Wali tentang matakuliah yang kan diambil;
- Sistem perkuliahan PPs Unnes adalah Sistem Paket. Mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil matakuliah yang sudah ditentukan pada semester tersebut dan tidak diijin mengambil matakuliah semester atasnya. jika ada matakuliah yang tidak memenuhi syarat (tidak lulus/E) mahasiswa diperbolehkan mengulang pada semester berikutnya;
- Seluruh Kegiatan Akademik di Sikadu ada jadwal dan rentang pelaksanaannya. pelaksanaan kegiatan akademik di sikadu diluar jadwal dan rentang yang sudah ditentukan tidak dilayani oleh sistem. untuk itu mahasiswa DIWAJIBKAN selalu memantau jadwal kegiatan akademik pada kalender akademik, pengumuman-pengumuman melalui Website (akademik.unnes.ac.id atau pps.unnes.ac.id) atau pengumuman di baliho dan papan pengumuman PPs Unnes;
- dalam keadaan yang mendesak, pengumuman dilakukan melaui sms gateway PPs Unnes. untuk itu agar biodata yang ada dalam Sikadu adalah biodata yang sebenarnya. jika ada salah biodata, mahasiswa bisa menghubungi Petugas IT PPs Unnes untuk pembetulannya;
- Informasi lain bisa hubungi bagian akademik PPs Unnes Telp. (024) 8440516 atau via email: [email protected].