Panduan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unnes tahun 2014/2015Panduan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unnes tahun 2014/2015

Universitas Negeri Semarang > Postgraduate School > Berita > Panduan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unnes tahun 2014/2015Panduan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Unnes tahun 2014/2015

Sistem Informasi Akademik Terpadu Universitas Negeri Semarang (Unnes) atau yang lebih dikenal dengan nama Sikadu adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang dibangun dengan tujuan mengorganisasi data akademik di Universitas Negeri Semarang secara online. Pengorganisasian data yang dimaksud meliputi pengelolaan sistem registrasi dan sistem penjadwalan perkuliahan, pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS), monitoring perkuliahan, pengorganisasian nilai mahasiswa, dan penanganan pendaftaran wisuda. Sikadu dapat diakses secara online melalui jaringan internet dengan alamat: http://akademik.unnes.ac.id.

Sistem ini mulai dikembangkan untuk sistem penjadwalan secara terpadu dan layanan registrasi administrasif-akademik mahasiswa pada tingkat sarjana dan diploma mulai 2007, sedangkan Program Pascasarjana (Magister S2 dan Doktor S3) Unnes mulai terintegrasi dengan Sikadu pada tahun 2009

Beberapa fasilitas yang tersedia di dalam Sikadu antara lain informasi registrasi, informasi biodata mahasiswa, jadwal kuliah, informasi kemajuan hasil belajar mahasiswa, rekapitulasi dan histori nilai akademik, tugas mengajar dosen, serta statistik data lain. Selain itu, Sikadu juga menyediakan fasilitas cetak untuk keperluan administrasi akademik yang dapat dipakai oleh seluruh operator baik dari tingkat universitas sampai program studi. Beberapa informasi juga disediakan bagi member pejabat yang dapat dipakai sebagai kontrol terhadap berbagai proses akademik pada semester berjalan, serta sebagai bahan pengambil keputusan atau kebijakan strategis yang diperlukan.

Fasilitas-fasilitas pada SIKADU hanya bisa digunakan oleh anggota/member dari SIKADU. dan yang berhak menjadi member sikadu adalah:

  1. Pejabat Unnes yang masih Aktif
  2. Dosen Unnes yang masih Aktif
  3. Pegawai Unnes yang masih Aktif
  4. Mahasiswa Unnes Aktif (belum Lulus/dan sudah melakukan registrasi Administratif)
sebelum sampai pada proses pengisian KRS, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa. diantaranya mendaftar sebagai anggota/member (bagi mahasiswa baru) Sikadu dan pemesanan mata kuliah. khusus bagi mahasiswa baru (semester 1) sistem tidak mengharuskan melakukan pemesanan mata kuliah, tetapi bagi mahasiswa lama (semester 2, 3, 4 dan seterusnya) dianjurkan untuk melakukan pemesanan mata kuliah pada akhir semester sebelumnya. pemesanan mata kuliah digunakan pengelola Prodi dalam memetakan penjadwalan pada semester berikutnya. Unnes selalu mengumumkan jadwal/agenda kegiatan prasemester berikutnya yang akan dilalui (contoh —–> klik disini). diluar jadwal yang sudah ditentukan kegiatan prasemester tidak dilayani oleh sistem (sistem ditutup).
Berikut ini kami sampaikan Urutan langkah pengisian KRS Mahasiswa baru PPs Unnes.
A. Mendaftar Keanggotaan/Member Sikadu.
 1. Buka Browser (kami sarankan menggunakan Mozilla Firefox atau Google Crhome). ketikkan pada alamat broser http://akademik.unnes.ac.id;
 2. Ganti tahun akademik ke tahun akademik sekarang (gasal 14/15), selanjutnya klik menu “login”;
 3. Selanjutnya klik tulisan “Untuk mahasiswa, silahkan daftar disini” yang berada dibawah form sign;
 4. masukkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan Tanggal lahir, selanjutnya klik tombol “Masuk”
 5. isikan user dan password yang akan digunakan. User Sikadu bersifat Unik (tidak boleh sama oleh pengguna yang lain) minimal 6 karakter (huruf/angka), maksimal 15 karakter. jika user yang diinginka sudah terpakai oleh user lain, sistem otomatis akan menolak penggunaan user tersebut untuk didaftarkan. untuk mengecek ketersediaan user yang kita daftarkan bisa digunakan klik tombol cek. password Sikadu minimal 6 karakter (huruf/angka), maksimal 15 karakter. penggabungan antara huruf dan angka semakin menjamin tingkat keamanan password. User dan password Sikadu tidak boleh terlalu mirip dengan Nama dan Nim pemilik accout. Penulisan user dan password dianjurkan menggunakan huruf kecil (tidak kapital) tanpa spasi. Anjuran: agar mengingat User dan Password  yang telah didaftarkan (jika perlu dicatat). selama menjadi mahasiswa akan selalu menggunakan User dan Password tersebut. jangan sekali-kali memberikan User dan Password tersebut kepada orang lain. jaga kerahasiaan user dan password tersebut.
 6. Selanjutnya isikan form-form biodata yang dibutuhkan. jika data yang dinputkan sudah lengkap dan valid selanjutnya klik tombol “DAFTARKAN MENJADI MEMBER SIKADU” jika berhasil akan ada konfirmasi dari sistem. untuk menguji kesuksesan proses pendaftaran member Sikadu silahkan Login menggunakan User dan Password yang didaftarkan tersebut.
B. Pengisian Kartu Rencana Studi;
Sebelum mengisi KRS, kami sarankan mahasiswa sudah mengetahui rombel mana mahasiswa tersebut di tetapkan. silahkan ——> klik disini untuk memeriksanya. hal tersebut supaya dalam pengambilan matakuliah tidak salah mengambil matakuliah rombel lain. kesalahan  pengambilan mata kuliah mengakibatkan kerancuan dalam jadwal kuliah (bentrok jam, ruang, dosen dan lain-lain) sehingga mahasiswa tidak bisa mengikuti perkuliahan secara penuh. pembuatan jadwal oleh operator didesain tidak ada bentrok baik jam, ruang, maupun dosen antara matakuliah satu dengan lainnya dalam satu rombel. Kebijakan sistem, ketika mahasiswa tidak bisa memenuhi kehadiran dalam perkuliahan minimal 75% dari total perkuliahan, maka mahasiswa tersebut tidak berhak diberi nilai (otomatis nilainya E) dan harus mengulang pada semester berikutnya.
berikut kami terangkan langkah-langkah pengisian KRS
 1. Login menggunakan User dan Password yang sudah dibikin sebelumnya pada laman http://akademik.unnes.ac.id
 2. Ketika berhasil login, akan ada ucapan selamat datang dari Sikadu
 3. Selanjutnya, muncul menu “Mahasiswa” pada Header sistem. dari menu “Mahasiswa” inilah layanan akademik secara online akan diperoleh. silahkan klik menu “mahasiswa”
 4. dari menu “mahasiswa” tersebut akan ada layanan (1) Biodata Pribadi, (2) Display KRS, (3) Isi KRS Mahasiswa, (4) Lihat Nilai Hasil Studi, (5) Pemesanan Mata Kuliah, (6) Rekap Nilai, dan (7) Ubah Pasword . silahkan klik menu “Isi KRS Mahasiswa”
 5. karena belum ada KRS yang diinputkan maka tampilannya seperti gambar dibawah ini. silahkan klik tombol “MATA KULIAH PRODI”
 6. Selanjutnya akan muncul seluruh matakuliah prodi. dalam hal ini mahasiswa harus teliti dalam memilih mata kuliah yang akan diambil (HARUS SESUAI DENGAN ROMBEL YANG SUDAH DITETAPKAN). matakuliah yang dimunculkan dalam bagian ini adalah matakuliah seluruh rombel yang ada dalam prodi tersebut, baik satu angkatan maupun angkatan yang lama. supaya mahasiswa konsisten pada pilihan rombel yang sudah ditetapkan ketika mengambil matakuliah (tinggal Klik “ambil” pada sisi sebelah kanan layar) mahasiswa harus berpatokan pada “keterangan” yang ada pada sisi sebelah kiri layar. silahkan klik tombol “ambil” pada matakuliah yang sudah terpilih
 7. ketika matakuliah yang dipilih diambil (klik tombol “ambil”) otomatis matakuliah tersebut akan muncul pada kolom Rencana Studi Mahasiswa. idealnya jika pengambilan matakuliah benar ada keterangan dibawah kolom Rencana Studi Mahasiswa bahwa: Tidak ada tumbukan pada matakuliah yang diambil. jika muncul peringatan ada tumbukan, kemungkinan besar mahasiswa tersebut salah mengambil satu atau beberapa matakuliah yang bukan rombelnya. jika hal tersebut terjadi, bisa direvisi dengan menghapus matakuliah yang bentrok tersebut dengan klik tombol “Hapus” pada daftar mata kuliah di kolom kolom Rencana Studi Mahasiswa. selanjutnya ambil lagi matakuliah yang dirasa betul pada kolom mata kuliah prodi seperti pada langkah point 6.
 8. selanjutnya, Jika dirasa proses pengambilan matakuliah sudah berhasil (matakuliah sesuai Rombel sudah diambil semua dan tidak ada yang tersisa), mahasiswa bisa melihat proses berhasilanya pada menu “Display KRS” di menu utama “Mahasiswa”. silahkan klik tombol “Display KRS”
 9. Pada menu “Display KRS” akan terlihat hasil pengambilan Matakuliah (Isi KRS) yang telah dilakukan sebelumnya. sampai tahapan ini sesungguhnya proses pengisian KRS sudah berhasil. mahasiswa tinggal menghubungi Dosen wali untuk persetujuan Pengambilan KRS tersebut. jika dosen wali sudah menyetujui, Operator akan mencetakkan KRS mahasiswa yang kan dijadikan bukti Studi mahasiswa tersebut dalam satu semester
C. Lain-Lain;
  1. Layanan Akademik Mahasiswa di Sikadu bisa aktif setelah mahasiswa melakukan Registrasi  administratif ( pembayaran SPP, SPL, Sardik dan lain-lain), ketika mahasiswa tidak melakukan registrasi administratif atau dinyatakan Lulus, maka layanan akademik mahasiswa di Sikadu otomatis terhenti dengan sendirinya;
  2. Sebelum melakukan Pengisian KRS, alangkah baiknya mahasiswa konsultasi ke Pengelola Program Studi dan Dosen Wali tentang matakuliah yang kan diambil;
  3. Sistem perkuliahan PPs Unnes adalah Sistem Paket. Mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil matakuliah yang sudah ditentukan pada semester tersebut dan tidak diijin mengambil matakuliah semester atasnya. jika ada matakuliah yang tidak memenuhi syarat (tidak lulus/E) mahasiswa diperbolehkan mengulang pada semester berikutnya;
  4. Seluruh Kegiatan Akademik di Sikadu ada jadwal dan rentang pelaksanaannya.  pelaksanaan kegiatan akademik di sikadu diluar jadwal dan rentang yang sudah ditentukan tidak dilayani oleh sistem. untuk itu mahasiswa DIWAJIBKAN selalu memantau jadwal kegiatan akademik pada kalender akademik, pengumuman-pengumuman melalui Website (akademik.unnes.ac.id atau pps.unnes.ac.id) atau pengumuman di baliho dan papan pengumuman PPs Unnes;
  5. dalam keadaan yang mendesak, pengumuman dilakukan melaui sms gateway PPs Unnes. untuk itu agar biodata yang ada dalam Sikadu adalah biodata yang sebenarnya. jika ada salah biodata, mahasiswa bisa menghubungi Petugas IT PPs Unnes untuk pembetulannya;
  6. Informasi lain bisa hubungi bagian akademik PPs Unnes Telp. (024) 8440516 atau via email: [email protected].

 

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.