Latar Belakang
Pada saat ini sedang disosialisasikan kurikulum dari sentralitis ke desentralisasi yang mengarah pada pelaksanaan di Sekolah (unit satuan pendidikan). Kemendikbud Prof. Dr. Mohammad Nuh dalam kegiatan sosialisasi Kurikulum 2013 di Unnes menyatakan Kurikulum 2013 sebagai hasil kegiatan perenungan dan evaluasi terhadap kurikulum sebelumnya. Pada tataran kebijakan pelaksanaan kurikulum 2013 tersebut, terlihat peran evaluasi atau assesment dalam pendidikan dalam menentukan arah pendidikan. Kurikulum 2013 yang akan diberlakukan diarahkan memperkukuh kompetensi siswa dalam sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga evaluasi pembelajaran harus mampu mengevaluasi ketiga ranah kompetensi tersebut secara authentik.
Hal menarik peran evaluasi pendidikan dalam penyusunan kurikulum 2013, diantaranya adalah hasil evaluasi terhadap KTSP pada ruang lingkup materi pembelajaran. Hasil evaluasi KTSP tersebut, disimpulkan perlu penyempuraan, sehingga kurikulum 2013 akan meniadakan materi yang tidak esensial atau tidak relevan lagi dengan siswa, serta menambahkan materi yang dianggap penting dalam perbandingan internasional. Sehingga evaluasi ulang dalam kedalaman materi disesuaikan dengan tuntutan perbandingan internasional berkaitan kreativitas. Berkaitan dengan kreativitas tersebut, sehingga dalam Kurikulum 2013, siswa akan didorong untuk memiliki kemampuan kreativitas yang diperoleh melalui kegiatan observing, questioning, asso-ciating, experimenting dan networking. Olehkarenanya guru dituntut untuk mengembangkan kreativitas siswa, beserta alat evaluasinya.
Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan I tahun 2013 (SNEP I) yang diselenggarakan oleh Prodi S-2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs Unnes mengambil tema “Pengembangan Pendidik dalam Implementasi Evaluasi Pendidikan dalam konteks Tuntutan Kompetensi dan Kinerja Profesional Berkelanjutan” ini dirancang sebagai ajang saling bertukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, dan gagasan berkaitan evaluasi pendidikan dalam konteks tuntutan dunia pendidikan.
Tujuan Seminar
- Mengkomunikasikan dan memfasilitasi pertukaran informasi antara peserta seminar dengan nara sumber yang kompeten berkaitan bidang kajian penelitian dan evaluasi pendidikan.
- Meningkatkan kerjasama antara para pendidik/peneliti bidang monitoring dan evaluasi pendidikan, pemerhati bidang kebijakan pendidikan, teknologi dan aplikasinya dalam bidang penelitian autentik .
- Mengetahui perkembangan bidang penelitian dan evaluasi pendidikan dalam konteks kurikulum 2013.
- Bidang kajian penelitian, pengembangan instrumen, olah data, dan evaluasi pendidikan
Cakupan Seminar
Cakupan topik seminar Evaluasi Pendidikan: “Pengembangan Pendidik dalam Implementasi Evaluasi Pendidikan dalam konteks Tuntutan Kompetensi dan Kinerja Profesional Berkelanjutan” memiliki cakupan subtema (yang dapat dikembangkan) meliputi:
- Membangun Penyelenggaraan Pendidikan Berkarakter Berbasis Evaluasi Pofesional
- Kemampuan Pendidik dalam Mengolah Data hasil Penilaian
- Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan evaluasi dalam pembelajaran
Peserta Seminar
Pelaku Pendidikan dan pimpinan suatu Unit satuan Pendidikan berbagai bidang, baik sebagai ilmuwan penelitian dan evaluasi pendidikan, pendidik (guru dan dosen), praktisi pendidikan yang terkait kebijakan bidang kurikulum, proses dan hasil pembelajaran, evaluasi, monitoring, supervisi pembelajaran dan penelitian PTK berbagai ragam bidang studi. Seminar nasional ini terdiri atas sesi pleno dari pembicara utama, sesi presentasi oral secara paralel sesuai topik seminar.
Nara Sumber
- Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd. (BAN PT),keynote speaker
- Prof. Dr. Agung Marhaeni, M.Pd. (Bali)
- Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. (Semarang)
- Prof. YL Sukestiyarno, Ph.D. (Semarang)
Pelaksanaan
Hari/Tanggal | : | Sabtu, 13 Juli 2013 |
Jam | : | 7.30 s.d selesai |
Tempat | : | Gedung Auditorium PPs Unnes G-11 Lantai 1, Program PPs Unnes Kampus Bendan Ngisor Sampangan Semarang |
Pemakalah Pendamping
- Tema: menyesuaikan berbagai subtema yang ditawarkan.
- makalah dapat berupa artikel hasil penelitian maupun gagasan ilmuah yang berkait dengan tema/subtema, dikirimkan selambat-lambatnya pada 1 Juli 2013 ke email: [email protected].
- Ketentuan makalah: ditulis antara 10-15 halaman kertas A4 spasi 1 yang terdiri atas : Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, dan Daftar Pustaka.
- Abstrak ditulis menggunakan MS.Word, huruf Times New Roman ukuran 12 pt, spasi tunggal, tidak lebih dari 250 kata.
- Nama pemakalah dilengkapi dengan alamat institusi, dan alamat korespondensi.
Biaya Seminar
Pemakalah (termasuk prosiding) | : | Rp. 300.000 |
Peserta Mahasiswa dan Umum | : | Rp. 100.000 |
Penyaji lebih 1 makalah | : | Rp 100.000/makalah |
Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau melalui transfer Bank BNI a.n Soleh Adi Waluyo No. Rek : 0149611932
Fasilitas Peserta
Peserta seminar akan mendapatkan seminar KIT, sertifikat, coffe break, snack, dan makan siang.
Tanggal Penting
Tanggal: | Batas Akhir: |
01-07-2013 | Pengiriman Makalah Lengkap |
10-07-2013 | Pendaftaran sebagai peserta |
13-07-2013 | Pelaksanaan Seminar |
Pendaftaran
Pendaftaran dapat dilakukan langsung kepada
Panitia Seminar Nasional PEP-1
Prodi S2 Penelitian & Evaluasi Pendidikan, PPs, Unnes,
Kampus Bendan Ngisor, Semarang, pada jam kerja,
atau dilakukan melalui e-mail: [email protected]
Contact Person:
Dr. Wahyu Lestari, M.Pd. (087839567800)
Awalya (085727132999)
Eko Sugiarto (085647797739)
Informasi
Informasi dan publikasi dapat diakses melalui laman:
www.unnes.ac.id
http://localhost/pps2
http://pep.pps.unnes.ac.id
Download Leaflet Seminar —> klik di sini