Prof. Dr. Sudarmin,  M. Si.


Prof. Dr. Sudarmin,  M. Si.

Pakar: Bidang Kependidikan Kimia, Etnosains, dan STEM

Identitas

Prof. Dr. Sudarmin,  M. Si. beliau lahir di Boyolali, 23 Januari 1966, Dosen Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, NIDN : 0023016604, Google scholar ID:  Keg9DIQAAAAJ, Sinta ID: 5978471, Scopus ID :  57193226009.

Beliau memiliki pengalaman strukturan 1. Ketua Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNNES  (Tahun 2009-2014), 2. Ketua Jurusan Pendidikan IPA Terpadu FMIPA UNNES (Tahun 2015-2016), 3. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan  (Tahun 2017-2018), 4. Dekan FMIPA (2018-2019), 5. Koordinator Program Studi S2 Pend. Kimia Pascasarjana UNNES (2019- ), 6. Senat Fakultas dan Universitas.

Beliau memiliki tuga tambahan 1. Asesor Sertifikasi Dosen, 2. Asesor Sertifikasi Guru, 3. Ketua Organisasi  Active Learning Fasilititation Associtaion (ALFA)  Jawa Tengah DIY, 4. Reviewer Penelitian  Internal LP2M, 5. Reviewer Jurnal Bereputasi JPII  (Scopus), 6. Reviewer Jurnal Nasional Sinta 2 (Jurnal Pendidikan dan Penelitian IPA, Jurnal Chemical Education, Jurnal Active Learning, Jurnal MIPA, dll). 7. Reviuwer dan Evaluator Artikel untuk Kenaikan Pangkat/Jabatan.

Pendidikan

Prof. Dr. Sudarmin, M. Si. memperoleh gelar Sarjana S1 Pendidikan  Kimia  IKIP Semarang (Lulus 1990), Magister S2 Imu Kimia Pascasarjana Universitas Gajah Mada (Lulus 1994), Doktor S3 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia  Bandung  (Lulus 2007), Peserta Program Pelatihan Bahasa Jerman di Goethe Institute tahun 1998).

Penelitian

Beliau aktif dalam penelitian, penelitian yang pernah dilakukan diantaranya  1. Merekontroksi Pengetahuan Sains Ilmiah Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal di wilayah Kepualauan Karimun Jawa Sebagai Wahana Menanamkan Sofskill Karakter Konservasi Pada Mahasiswa Pendidikan IPA, tahun 2016 (Ketua), 2. Model Pembelajaran Sains Berbasis Etnosains [MPSBE] untuk Menanamkan Nilai Karakter Konservasi dan Literasi Sains Bagi Siswa Sekolah Menengah, tahun 2016 (Ketua), 3. Rekonstruksi Sains Ilmiah Berbasis Pengetahuan Masyarakat Jawa Sebagai Sumber Pembelajaran Kimia dan Kemampuan Generik Sains Pengamatan, Konsistensi Logis, dan Inferensia Logika Mahasiswa (Ketua), 4. Pembelajaran Analisis Instrumen Berbasis Proyek dengan Penerapan Prosedur Mutu Laboratorium Terakreditasi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Motivasi Lulusan, tahun 2016 (Anggota), 5. Pengembangan model pembelajaran soft skills konservasi berpendekatan etnosains terintegrasi mata kuliah konservasi dan kearifan lokal di prodi ipa dan mapel IPA SMP, tahun 2016 (Ketua), 6.  Development Of Termite Control System Using Biological Active Compounds As Atractan for Building Protection and Productivity Improvement, tahun 2017 (Anggota), 7. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Digital story Telling Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa, tahun 2017 (Anggota), 8.  Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Organik Bahan Alam Dengan Pendekatan  Science Tehnology Engineering Mathematics (STEM) Terintegrasi Etnosains Untuk Membumikan Karakter Konservasi dan Kewirausahaan Mahasiswa ,  tahun 2018  (Ketua), 9.  Pengembangan   Project Based Blended Learning Pada Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Kreativitas Calon Guru Dalam Merancang Program Pembelajaran, tahun 2018  (anggota), 11.  Diseminasi Pembelajaran Kimia Organik Bahan Alam Dengan Pendekatan  Science Tehnology Engineering Mathematics (STEM) Terintegrasi Etnosains Untuk Membumikan  Karakter Konservasi dan Kewirausahaan Mahasiswa, tahun 2019  (Ketua), 12. Desain  Model Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi  Etnosains Bahan Kajian Uji Bioaktivitas  Metabolit Sekunder  Dari Tanaman Hutan Tropis  Indonesia Untuk Akselerasi  Karakter Konservasi, tahun 2020 (Ketua).

Publikasi Ilmiah dan Seminar

Banyak tulisan berupa karya ilmiah yag telah beliau tulis, diantaranya 1). The ability of generic science At Observation and Inference logic prospective chemistry teacher in Organic Chemistry experiment (Author), International Journal and Reseach (IJSR),,  tahun 2015, Vol 4,  Issue 5.    2). Preliminary Analysis Of Assessment Instrument Design To Reveal Science Generic Skill And Chemistry Literacy (Coauthor),  IJERE,   Vol 5,  No 5, edisi Desember 2016. 3). Project Based Learning Strategy to Improve Psychomotor Skills:  A Classroom Action Research (Coauthor),  Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII),   Vol 5  no 2  edisi Oktober  2016.   4).  The Reconstruction of Society  Indigenous Science into Scientific  Knowledge in the Production Process   of Palm Sugar  (Coauthor),  Journal of  Turkish Science Education,  Vo. 14, no 3,  Desember 2016.  5).  Local Wisdom-Based  Science Learning Model through Reconstruction  of  Indigenous Science to Improve Student’s  Conservationist Character (Coauthor), Journal of  Turkish Science Education , Vol. 14, no,  Edisi September  2017. 6).   The influence of inquiry learning model on additives theme with ethnoscience content to cultural awareness of students (Author),  Journal of Physics: Conf. Series, Vol  983/ 2018. 7). Identification of indigenous science in the brick making process through  ethnoscience study (Coauthor), J. Phys.: Conf. Ser,  Vol 983/2018. 8). Increasing character value and conservation behavior through integrated ethnoscience chemistry in chemistry learning: A Case Study in The Department of Science Universitas Negeri Semarang (Author).  IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, Vol 349/2018. 9).  Applying Formative Assessment through Understanding by Design (UbD) in the Lecture of Plant Physiology to Improve the Prospective Teacher Education Students’ Understanding (Coauthor), Journal of Turkish Science Education,  Volume 16,No 3/2019. 10).  The Development  Of  PBL-Based  Worksheets Integrated  With Green Chemistry  and Ethnoscience to Improve Students’ Thinking Skliis (Author) , Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 8, no  4/2019. 11).    Implementing the model of project-based learning: integrated with ETHNO-STEM to develop students’ entrepreneurial characters (Author), Journal of Physics: Conference Series, serie 1317/ 012145,  tahun  2019. 12).  Developing Students’ Entrepreneurial Characters through Downstreaming Research on Natural Product Learning with Ethnoscience Integrated STEM (Author), Journal of Physics: Conference Series,  serie 1387, 012085,Tahun  2019. 13).  The learning models of essential oil with science technology engineering mathematic (STEM) approach integrated ethnoscience (Author), Journal of Physics: Conference Series . serie 1321, 032058,  tahun 2019.

Selain itu beliau juga aktif dalam menulis buku, judul buku beliau diantaranya yaitu 1). Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia Organik, ISBN 978 602 8467 99, Unnes Press, tahun 2015. 2). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal (Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains, ISBN 978-602-1034-00, CV Swadaya Manunggal Semarang. 3). Model Pembelajaran Inovatif Kreatif [Model  PAIKEM dalam Konteks Pembelajaran dan Penelitian Sains  Bermuatan Karakter, ISBN 978-602-1034-15-6,, Swadaya Manunggal Semarang. 4).  Pengantar Filsafat Pendidikan Sains dan Pemikir Sains (Paradigma Thomas Kuhn dan Ekplanasi ilmiah Hempel), ISBN 978-602-1034-392, CV Swadaya Manunggal Semarang. 5). Model Pembelajaran Kimia Organik Bahan Alam Berpendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) Terintegrasi Etnosains., ISBN 978-602-285-143-1, UNNES Pres. 6). Buku Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) : Percobaan Uji Bioaktivitas Senyawa Metabolit Sekunder Dari Tanaman Hutan Tropis Indonesia [Sampel Bajakah, Taxus Sumatrana, Akar Kuning, Jenitri, dan Mangrove, ISBN 978-602-205-236-0, Unnes Press]

Pengabdian

Selain aktif dalam penelitian beliau juga aktif dalam pengabdian, pengabdian yang telah beliau lakukan diantaranya 1. Pelatihan pembuatan media study card dan lembar kerja siswa yang mengintegrasikan soft skills konservasi bagi guru IPA melalui kegiatan lesson study, tahun 2015 (Ketua), 2. Pelatihan pembuatan proposal penelitian tindakan sekolah (PTS) Generik dan pendampingan pembuatan artikel bagi Guru di Kabupaten Kudus, tahun 2016 (Ketua), 3. Memberikan Materi Workshop ” Etno-STEM dalam Konteks dan konten Membatik dan Pembelajaran IPA SMP, tahun  2017 (Ketua), 4. Workshop tentang Pemanfaatan bahan limbah untuk Media Pembelajaran IPA SMP dan SD di Karimunjawa, tahun 2018 (Ketua), 5. Pemberdayaan Santri Melalui Pelatihan Kewiraushaan Berbasis Kearifan Lokal di Pondiok Pesantren Tegalrejo Magelang, tahun 2019 (ketua).

Hak Kekayaan Intelektual

Beliau memiliki hak kekayaan intelektual diantaranya 1. Buku : Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia Organik, tahun 2015  (No ID  075196), 2 .Buku:  Pengantar Filsafat Sains Dan Pemikir Sains [Paradigma  Thomas  Kuhn Dan  Eksplanasi Ilmiah Hempel], tahun 2016 (No ID  000108911), 3. Buku:  Model Pembelajaran Inovatif Kreatif [Model PAIKEM dalam konteks Pembelajaran dan Penelitian sains bermuatan karakter], tahun 2017 (No ID 000108910), 4. Buku : Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal (Konsep Dan Penerapannya Dalam Penelitian Dan Pembelajaran Sains), tahun 2018 [No ID 000108912], 5.  Buku Model Pembelajaran Kimia Organik Baham Alam Berpendekatan STEM Terintegrasi Etnosains, tahun 2019 [No ID 00132085], 6. Motif Batik Lurik Kimia Alfa-pinena etno-STEM sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia, tahun 2019 {No ID 000155630], 7.  Motif Batik Lurik Parang Kurkuminoid Etno-STEM, tahun 2019 [No ID 000155629], 8.  Motif Batik Kimia Antosianin Etno-STEM Khas Jawa Tengah, tahun 2019 [No ID 000155631], 9.  Motif Batik Kimia Parang Karotenoid Etno –STEM, tahun 2019 [No ID 000155062], 10.  Karya Seni Batik: Motif Batik Sains Piperidine Seribu Daun Khas Ciwaringin Cirebon, tahun 2020 [No ID 000176225], 11. Hak Pencatatan HAKI Buku Panduan/Petnuuk: Unit Pembelajaran Etno-Stem Jenang, tahun 2020 [No ID 0001 76465], 12.  Model Pembelajaran KOBA Inovatif dengan pendekatan etnosains terintegrasi STEM, tahun 2019 [No ID 000155079], 13. Buku Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) : Percobaan Uji Bioaktivitas Senyawa Metabolit Sekunder Dari Tanaman Hutan Tropis Indonesia [Sampel Bajakah, Taxus Sumatrana, Akar Kuning, Jenitri, dan Mangrove, No ID 000186977).

Penghargaan yang pernah diterima

Prof. Dr. Sudarmin, M. Si. pernah menerima penghargaan 1. Dosen Teladan Kedua Tingkat UNNES tahun 2004, 2. Ketua Prodi Terbaik Tingkat UNNES tahun 2009, 3. Satya Lencana Karya Satya 10 tahun, 4. Satya Lencana Karya Satya 20 tahun.

 

 


Diperbarui oleh: Sihono pada Sabtu, 16 Mei 2020 12:50 WIB

X