Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum.


Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum.

Pakar: Psikolinguistik dan Linguistik Forensik

Identitas

Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. beliau lahir di Salatiga, 13 Februari 1968, dosen jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Semarang, merupakan pakar Psikolinguistik dan Linguistik Forensik, nomor NIDN beliau 0013026803, Google scholar ID  : X30OHEAAAAAJ&hl, Sinta ID : 5985264.

Beliau saat ini memiliki aktivitas sebagai 1. Dosen S1, S2, dan S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNNES, 2. Rektor Univeritas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran, Jateng, 3. Konsultan Penelitian di Balitbang Kemenag Jateng, 4. Saksi Ahli Bahasa Dirreskrimsus POLDA Jateng, 5. Tim Akademik Penilaian Angka Kredit (PAK) Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, 6. Tim Akademik Pengembang Keprofesian Pendidik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, 7. Tim Akademik Satu Buku Guru Nasional (SABUGUNAS) Jateng.

Saat ini beliau mengikuti organisasi 1. Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI), 2. Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Jawa Tengah, 3. Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Jawa Tengah, 4. Ikatan Alumni (IKA) UNNES, 5. KEMENDIKBUD, 6. Balitbang Kemenag Provinsi Jateng, 7. P2PAUDNI, 8. Dinas Dikbud Provinsi Jawa Tengah, 9. Dinas Dikbud Provinsi Jawa Tengah, 10. Dinas Dikbud Provinsi Jawa Tengah, 11. Dinas Dikbud Provinsi Jawa Tengah, 12. Dinas Dikbud Provinsi Jawa Tengah, 13. Dinas Dikbud Provinsi Jawa Tengah, 14. Dinas Diknas Provinsi Jawa Tengah, 15. Polda Jateng, 16. Badan Pembina Taman Kanak-Kanak Islam Indonesia (BPTKI) Provinsi Jawa Tengah.

Pendidikan

Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. memperoleh gelar Sarjana S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Semarang (Lulus 1991), Magister S2 Linguistik Universitas Indonesia (Lulus 1998), Doktor  S3 Pendidikan Bahasa (Lulus 2007).

Penelitian

Beliau aktif dalam penelitian, penelitian yang pernah dilakukan diantaranya 1. Kecenderungan Guru Kelas V Di Kota Memberi Waktu Tunggu kepada Siswa untuk Menjawab Pertanyaan yang Diajukan: Studi Perilaku Ajar Guru Pendidikan Dasar Di Kodia Semarang, 2. Kajian Sosiolinguistik atas Pemakaian Bahasa Di Kawasan Kepulauan Karimunjawa, Jepara, 3. Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I,II, dan III SMP dan SMA Terbitan Kendang Sari yang Beredar Di Jawa Tengah, 4. Pengaruh Gagasan Orang Tua terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia Prasekolah: Sebuah Studi Ex Post Facto, 5. Kode Bahasa dan Strategi Pengasuhan pada Keluarga Miskin, 6. Kode Bahasa Tuturan Wanita dalam Pengasuhan Anak, 7.  Persepsi Karyawan terhadap Kemampuan daya Sosial Manajer Perempuan, 8. Pergeseran Penggunaan Tingkat Tutur (Speech Level) Bahasa Jawa Di Ranah Rumah Sejumlah Keluarga Jawa: Studi Sosiolinguistik di Kodia Semarang, 9. Peningkatan Kemampuan Menulis dengan Menggunakan Pemaduan Pendekatan Konteks, Proses, dan Pola pada Mahasiswa Penyetaraan S1, 10. Pengembangan Model Bercerita yang Berbasis Analisis Fungsi Tokoh Cerita Anak-anak untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional, 11. Pengembangan Model Bercerita yang Berbasis Analisis Fungsi Tokoh Cerita Anak-anak untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional, 12. Penggunaan Portofolio Sebagai Alat EvaLuasi Alternatif Untuk Menilai Kinerja Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian, 13. Pengembangan Perangkat Lunak (Software) Pengukuran Kecepatan Efektif Membaca (KEM) untuk Meningkatkan Kegemaran Membaca Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14. Bias Gender dalam Bahan Ajar Matapelajaran Bahasa Indonesia pada SD Kelas Rendah, 15. Strategi Pengasuhan Orang Tua yang Ber¬perspek¬tif Gender dalam Pengasuhan  Berbahasa Anak Usia Dini (Penelitian DIPA UNNES, Ketua, 2009), 16.Pengembangan Paket Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang Berbasis Kesantunan Berbahasa Lintas Budaya Jawa Tengah, 17. Pemantauan Dan Evaluasi PelaksanaanAkreditasi Program Studi Perguruan Tinggi, 18. Pengembangan Paket Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang Berbasis Kesantunan Berbahasa Lintas Budaya Jawa Tengah, 19. Pengembangan Paket Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang Berbasis Kesantunan Berbahasa Lintas Budaya Jawa Tengah, 20. Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter pada Pendidikan Dasar, 21. Pengembangan Perangkat Evaluasi Berdasarkan Taksonomi The Structure Of The Observed Learning Outcome (Solo) Pada Matapelajaran Bahasa Indonesia, 22. Pengembangan Perangkat Evaluasi Berdasarkan Taksonomi The Structure Of The Observed Learning Outcome (Solo) Pada Matapelajaran Bahasa Indonesia, 23. Pengembangan Perangkat Evaluasi Berdasarkan Taksonomi The Structure Of The Observed Learning Outcome (Solo) Pada Matapelajaran Bahasa Indonesia, 24. Pengembangan Buku Pengayaan Bahasa Dan Sastra Indonesia Bermuatan Nilai Budaya untuk Siswa Pendidikan Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013, 25. Pengembangan Buku Pengayaan Bahasa Dan Sastra Indonesia Bermuatan Nilai Budaya untuk Siswa Pendidikan Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013, 26. Pengembangan Buku Pengayaan Bahasa Dan Sastra Indonesia Bermuatan Nilai Budaya untuk Siswa Pendidikan Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013, 27. Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Taksonomi Rebecca M. Valette dan Pendekatan CLIL untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Kurikulum 2013, 28. Pengembangan Buku Pengayaan Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Kemaritiman, 29. Identifikasi Berita Kebohongan (Hoax) Berbahasa Indonesia pada Instagram dengan Metode K-MEANS.

Publikasi Ilmiah

Banyak tulisan berupa karya ilmiah yag telah beliau tulis, diantaranya 1. “Kode Bahasa Tuturan Wanita dalam pengasuhan Anak”, dalam Lingua Artistika: Jurnal Bahasa dan Seni No. 1 Th. XXIII Januari 2000 Hal. 50-62, 2. “Pergeseran Penggunaan Tingkat Tutur (Speech Level) Bahasa Jawa Di Ranah Rumah Sejumlah Keluarga Jawa: Studi Sosiolinguistik di Kodia Semarang”, dalam Lingua Artistika: Jurnal Bahasa dan Seni No. 2 Th. XXIV Mei 2001, Hal. 158-178, 3. “Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia Prasekolah Melalui Teknik Kesadaran Fonologi”, dalam Lingua Artistika: Jurnal Bahasa dan Seni  Edisi Khusus Th. XXIV Oktober 2001, Hal. 66-74, 4. “Peningkatan Kemampuan Menulis dengan Menggunakan Pemaduan Pendekatan Konteks, Proses, dan Pola pada Mahasiswa Penyetaraan S1”, dalam MORFEMA: Jurnal Bahasa dan Pengajarannya No. 1 Tahun 1 Oktober 2001, Hal. 1-12, 5. “Efektivitas Pelaksanaan Lokakarya Nasional Baca-Tulis bagi Guru Bahasa Indonesia SLTP Tahun 2002” dalam MORFEMA: Jurnal Bahasa dan Pengajarannya No. 2 Tahun 2 April 2002 Hal. 23-33, 6. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Model Bercerita untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak ISBN 978-979-3954-25-7Hak cipta tahun 2007, Penerbit Rumah Indonesia Semarang Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.BK.11402 Tgl. 5 September 2007. 7. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Pembelajaran Bercerita: Model Bercerita untuk meningkatkan kepekaan Emosi dalam Berapresiasi Sastra ISBN 978-602-8054-03-4 Hak cipta tahun 2007, Penerbit Tinta Institute, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.Bk.11376, Tgl. 10 September 2007. 8. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Penelitian Tindakan Kelas, ISBN 979-99151-5-9, Hak cipta tahun 2007, Penerbit Rumah Indonesia Semarang, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.BK.11379, Tgl. 26 September 2007. 9. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Gangguan Berbahasa: Mengenali untuk mengantisipasi Sejak Dini, ISBN 978-602-8054-04-1, Hak cipta tahun 2007, Penerbit Tinta Institute, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.BK.11390, Tgl. 8 Oktober 2007, 10. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Pengasuhan Berbahasa: Panduan Pengembangan Potensi Berbahasa Anak, ISBN 978-602-8054-05-8, Hak cipta tahun 2007, Penerbit Jatrova Media Nusantara, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.BK.11400, Tgl. 18 Oktober 2007, 11. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Teori Pembelajaran Bahasa Sebuah Pengantar, ISBN 978-602-8054-06-5, Hak cipta tahun 2007, Penerbit Cipta Prima Nusantara, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.BK.11410, Tgl. 19 November 2007, 12. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Pengembangan Potensi Anak Usia Dini, ISBN 978-602-8054-05-8, Hak cipta tahun 2007, Penerbit Cipta Prima Nusantara, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.BK.11414, Tgl. 11 Desember 2007, 13. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Pelangi Pembelajaran Bahasa: Tinjauan Semata Burung Psikolinguistik, ISBN 978-602-8054-08-9, Hak Cipta th 2007, Penerbit Cipta Prima Nusantara, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.BK.11419, Tgl. 21 Desember 2007. 14. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran bahasa Indonesia, ISBN 978-602-8054-12-6, Hak cipta tahun 2008, Penerbit Cipta Prima Nusantara, Semarang, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/08.BK.11697, Tgl. 12 Fedbruari 2008. 15. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Dasar-Dasar keterampilan Menulis, ISBN 978-602-8054-14-0, Hak cipta tahun 2008, Penerbit Semar Press, Semarang, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/08.BK.11698, Tgl. 12 Februari 2008. 16. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Dasar-Dasar keterampilan Berbicara, ISBN 978-602-8054-13-3, Hak cipta tahun 2008, Penerbit Tinta Institut, Yogyakarta, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/08.BK.11699, Tgl. 12 Februari 2008. 17. Menghasilkan karya ilmiah berupa buku ajar dengan judul: Dasar-Dasar keterampilan Membaca Cepat, ISBN 978-602-8054-15-7, Hak cipta tahun 2008, Penerbit Jatrova Media Sejahtera Semarang, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/08.BK.11700, Tgl. 12 Februari 2008. 18. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam Jurnal ilmiah MORFEMA, Terbit edisi: Tahun 4 No. 6/ April 2004- ISSN:1412-1980 Hal 60-67, judul : Bercerita sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Surat Keterangan Kaperpus Unnes No. DOK/05.AR.10031.7 tgl. 26 Oktober 2005. 19. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam Jurnal ilmiah Jurnal Penelitian PendidikanTerbit edisi: Vol.21/No.2/Okt.2005- ISSN:0852-0348, judul: Pengembangan model bercerita yang berbasis analisis fungsi tokoh cerita anak-anak untuk meningkatkan kecerdasan emosional, Surat Keterangan Kaperpus Unnes No. DOK/06.AR.10811.7 tgl. 13 November 2006, 20. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam Jurnal ilmiah Terakreditasi Humaniora Terbit edisi : Vol. 19/No.3/Oktober 2007 – ISSN : 0852-0801, judul : Model bercerita untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak: Aplikasi ancangan Psikolingiustik, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.AR.11.482.1, Tgl. 13 Desember 2007, 21. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam Jurnal ilmiahTerakreditasi Kajian Linguistik dan Sastra Terbit edisi: Vol. 18-N0. 35- Desember 2006 judul : Profil Cerita untuk meningkatkan kecerdasan emosional: Aplikasi ancangan Psikolinguistik, Surat keterangan Kaperpus No. DOK/07.AR.11337.9 tgl. 13 September 2007, 22.     Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam Jurnal ilmiah Teknodik, Terbit edisi : No.22/Th XI/Desember 2007 – ISSN: 0854-915x, judul: Pengembangan Perangkat Lunak (Software) pengukuran kecepatan efektif membaca (KEM) untuk meningkatkan kegemaran membaca. Surat Keterangan Kaperpus Unnes No. DOK/07.AR.11483.1 tgl. 13 Desember 2007, 23. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam Prosoding Bahasa dan Sastra Indonesia: Konservasi dan Pendidikan Karakter, ISBN 987-602-9374-12-4, dengan judul Makalah “Pengembangan Paket Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang Berbasis Kesantunan Berbahasa Lintas Budaya Jawa Tengah: Membangun Nilai-Nilai Karakter bagi Generasi Bangsa”, tahun 2011, 24. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam International Journal of Economic Research (Terindeks scoopus), Terbit Edisi: Volume 14 • Number 12, ISSN : 0972-9380, dengan judul artikel: “The World Views of Mbeling Indonesian Poem Review of Genetic Structuralism”, tahun 2017, 25. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam Prosoding Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 247 International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018), ISBN: 978-94-6252-648-8, dengan judul Makalah: “Communication Therapy Model for People with Asperger Syndrome”, tahun 2018, 26. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam Adil Jurnal Indonesia, Edisi Januari 2019 Tahun 1 edisi 1 halaman 1-15, ISSN:  2655-804, dengan judul artikel: “Linguistik Forensik: Sumbangsih Kajian Bahasa dalam Penegakan HUKUM”, tahun 2019, 27. Menghasilkan karya ilmiah dimuat dalam International Journal of Scientific & Technology Research Volume 9, Issue 01, January 2020 ISSN 2277-8616, dengan judul “The Procedure And Explanatory Texts Based On Entrepreneurial Content For SMK Students As Effective Facilities For Improving Character In Educational Conservation”.

Selain itu beliau juga aktif dalam menulis buku, diantaranya 1. Pengembangan Potensi Anak Usia Dini, 2. Dasar-Dasar Keterampilan Berbicara, 3. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia, 4. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis, 5. Model Bercerita untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak, 6. Pelangi Pembelajaran Bahasa: Tinjauan Semata Burung Psikolinguistik, 7. Pengasuhan Berbahasa: Panduan Pengembangan Potensi Berbahasa Anak, 8. Pelaksanaan Pendidikan Agama: Studi Komparatif Perilaku Keagamaan Peserta Didik SMA Swasta di Jawa (Penyunting), 9. Gangguan Berbahasa: Mengenali untuk Mengantisipasi Sejak Dini, 10. Psikolinguistik: Kajian Teoretis dan Implementasinya, 11. Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat, 12. Pembelajaran Bercerita: Model Bercerita untuk Meningkatkan Kepekaan Emosi dalam Berapresiasi Sastra, 13. Teori Pembelajaran Bahasa: Implementasi Psikolinguistik Pendidikan, 14. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Edisi 4, 15. Pendidik Profesional: Merajut Karya melalui Penelitian Tindakan, 16. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Edisi 5, 17. Linguistik Forensik: Sebuah Pengantar, 18. Kamus Istilah Psikolinguistik, 19. Buku Pengayaan, Mapel Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Kemaritiman, 20. Penelitian Tindakan Kelas: Metode, Kaidah Penulisan, dan Publikasi.

Penghargaan yang pernah diterima

Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. pernah menerima penghargaan diantaranya 1. Satya Lancana Karya Satya X tahun, 2. Satya Lancana Karya Satya XX tahun.

 

 


Diperbarui oleh: Sihono pada Jumat, 8 Mei 2020 11:08 WIB

X