Prof. Dr. Haryono, M.Psi.


Prof. Dr. Haryono, M.Psi. (Pakar: Teknologi Pendidikan)

Identitas

Prof. Dr. Haryono, M.Psi. lahir di Semarang, 22 Februari 1962, menjadi Dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) FIP Universitas Negeri Semarang, dengan NIDN: 0022026207, Google Scholar ID: WukoLRsAAAAJ&hl, Shinta ID: 6142271, Scopus ID: 57201254755.

Beliau juga memiliki pengalaman struktural dan organisasi, yaitu: Sekretaris Jurusan, tahun 1993 – 1998, Ketua Pusat Kurikulum dan Inovasi Pendidikan, tahun 2003 – 2006, Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum, tahun 2010 – 2012, Pembantu Dekan Bidang Akademik, tahun 2012 – 2015, Ketua Program Studi Pascasarjana, tahun 2008-2010, 2015 – 2017.

Pendidikan

Beliau menempuh pendidikan S1 Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (PKTP) – FKIP UNS, lulus tahun 1985, S2 Psikologi – PPs UI, lulus tahun 1992, S3 Teknologi Pendidikan – PPs UNJ, lulus tahun 2002.

Penelitian dan Pengabdian

Prof. Dr. Haryono, M.Psi. aktif dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian, berikut ini adalah penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh beliau, yaitu: (1.) Pengembangan implementasi teknologi pendidikan sebagai sistem penjaminan mutu pembelajaran di sekolah. PUPT LP2M UNNES, tahun 2015 (Ketua), (2.) Pengembangan model aplikasi sistem informasi manajemen dalam penyusunan program bimbingan dan koseling untuk peningkatan kompetensi konselor sekolah menengah. Strategi Nasional, tahun 2015-2017 (Anggota), (3.) Implementasi jabatan fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran untuk peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. PSHP/Strategi Nasional, tahun 2017–2018 (Ketua), (4.) Pengembangan Model Kelembagaan Untuk Penjaminan dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sebagai Implementasi Teknologi Pendidikan Di SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah. PPT/Strategi Nasional, tahun 2017-2018 (Anggota), (5.) Implementasi kebijakan penjaminan mutu pendidikan dalam kerangka peningkatan mutu Sekolah Dasar di Kecamatan Gunungpati Semarang. Pengabdian DIPA LP2M UNNES, tahun 2015 (Ketua), (6.) Pelatihan Pembuatan Template Powerpoint Untuk Memenuhi Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru. Pengabdian FIP UNNES, tahun 2019 (Anggota).

Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual

Berikut ini merupakan publikasi dan HKI yang dimiliki beliau, yaitu: (1.) The Sufficiency of Basic Tasks and Functions of the Functional Position of the Educational Technologies in Schools. 2018. (First Author), (2.) Effectiveness study on applied quality assurance of Educational technology in learning quality improvement in universities. 2018. (First Author), (3.) Implementation of learning quality assurance based on applied education technology. 2018. (First Author), (4.) An industrial competency-based curriculum alignment model. 2018 (Co Author), (5.) School Counselors’ Intention to Use Technology: The Technology Acceptance Model. 2018 (Co Author), (6.) Educational technologist competencies at school. 2017. (First Author), (7.) 21st Century Competencies and Its Implications on Educational Practices. 2017. (First Author), (8.) Penjaminan Mutu Pendidikan Teori Dan Praktik Terapan Teknologi Pendidikan Di Perguruan Tinggi. 2018. Hak Cipta.


Diperbarui oleh: Sihono pada Jumat, 8 Mei 2020 11:16 WIB

X