Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd.


Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. (Pakar: Penelitian dan Evaluasi PLS)

Pusat Kajian: Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah

Identitas

Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. lahir di Brebes, 27 April 1956, dan mengajar sebagai dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang, dengan NIDN: 0027045610, Google scholar ID: dZKMLw0AAAAJ, Sinta ID: 460, dan Scopus ID: 57192982259.

Beliau memiliki banyak pengalaman structural dan organisasi yaitu: (1.)Sekretaris jurusan PLS  tahun 1996-1999, (2.) Ketua Jurusan PLS  tahun 1999-2001 dan 2012-2015, (3.) Sekretaris Pusat Penjaminan Mutu 2004-2008, (4.) Dekan FIP tahun 2015-2019, (5.) Ketua Korpri Unnes, 2013-2015, (6.) Kord Prodi MP S2/S3 2019 (antar waktu), (7.) Ketua Forum Dekan FIPJIP 2017-2019.

Pendidikan

Pendidikan yang telah beliau tempuh SarjanaS1 Pendidikan Sosial IKIP Yogyakarta (Lulus 1982), Magister S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan IKIP Jakarta (Lulus 1994), dan Doktor    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNJ Jakarta (Lulus 2008).

Penelitian dan Pengabdian

Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. aktif dalam berbagai penelitian dan pengabdian, berikut ini adalah penelitian dan pengabdian yang beliau laksanakan: (1.) Strategi Pembelajaran Dialogis Dalam Membentuk Karakter di Sekolah Alternatif Qoryah Toyyibah Salatiga, tahun 2013, sebagai Ketua, (2.) Model Penilaian Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Dialogis di Sekolah Alternatif Qoryah Toyyibah Salatiga Jawa Tengah, 2014, sebagai ketua, (3.) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa  Vokasi (Suatu Tinjauan Persepsional oleh Mahasiswa PLS FIP UNNES, 2015, sebagai ketua, (4.) Implementasi Nilai Inspiratif Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, tahun 2016, sebagai ketua, (5.) Peranan Pendidikan Nonformal dalam Pembangunan Masyarakat di Kabupaten Pati, tahun 2017, sebagai ketua, (6.) Model Penilaian Hasil Belajar Karya Seni  Mahasiswa Jurusan PGSD FIP Universitas Negeri Semarang, 2018, sebagai ketua, (7.) Tracer study Program Studi Manajemen Kependidikan S3 Pascasarjana UNNES, 2019, sebagai ketua.

Publikasi Ilmiah dan HKi

Berikut ini adalah hasil karya dari Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. yang dipublikasikan dan dipatenkan: (1.) Character Building Evaluation Model of Dialogical Learning at Qaryah Thayibah  Alternative School in Kalibening Salatiga Indonesia, jurnal The Social Science, ISSN 1818-5800, (2.) IbM Guru SD dalam pengembangan media pembelajaran, ABDIMAS, ISSN 2503-1252, DOAJ 2017, (3.) Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C (Co Author)Journal of Nonformal Education, ISSN 2528-4541, DOAJ 2017,(4.) Implementating The Lecturer’S Inspirative Values In Faculty Of Education Semarang State University (Author)Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398, September 2017, (5.) Effectiveness Analysis of Non-formal Education Learning in Central Java (Co-Author) Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398 May 2017, (6.) E-Media Development as an Effort to Improve Primary School Student Learning Results in Semarang (co-author)Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398 September 2017, (7.) The Implementation of Among-Asuh Method in Guidance and Mentoring Management to Shape the Cadets’ Noble Character (a Case Study in the Military Academy) (Co-Author) The Journal of Educational Development, JED 5 (3) (2017) 316- 330, p-ISSN 2085-4943 e-ISSN 2502-4469, (8.) Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C (Co-Author)Journal of Nonformal Education, Volume 3, Nomor 1, Februari 2017, (9.) Efek Mediasi Kecerdasan Emosi pada Pengaruh Supervisi Kolaboratif danKepemimpinan  Terhadap Perilaku Inovatif Guru (Co-Author) Educational Management, p-ISSN 2252-7001 e-ISSN 2502-454X EM 6 (1)  (2017) 71 – 79, (10.)  Learning Model of Performing Arts of Dance Based on Conservation (co-Author) Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398July 2018, (11.) Learning Model of Performing Arts of Dance Based on Conservation (Co-Author) Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398 July 2018, (12.) Innovative Origami Handbook As Teaching Tool In Grade III (Co-Author)  Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398 July 2018, (13.) Internal Auditor Dilemma: Attitude on Whistle Blowing Intension (Co-Author) The International Journal Of Business & Management, ISSN 2321-8916, (14.) Buku Referensi : Model Penilaian Unjuk Kerja Gelar Karya Seni (Author) HAKI, 000145128, 10 Oktober 2018, (15.) Peluang Dan Tantangan Guru Bimbingan Konseling Di Era Disrupsi (Author), (16.)  The Impact of Non-Formal Education in Community Development: A Case Study in Pati, Indonesia International Journal of Innovation, Creativity and Change, 2201-1323 (author).

Penghargaan

Penghargaan yang pernah diterima oleh Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. yaitu: Satya Lencana Karya Satya 20th dan Satya Lencana Karya Satya 30 th.


Diperbarui oleh: Sihono pada Jumat, 8 Mei 2020 11:18 WIB

X