Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (S1)


Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (S1)

Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (PBSID) didirikan khusus untuk mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap terjun menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang pendidikan SMP dan SMA, guru bahasa Indonesia bagi penutur asing, peneliti, praktisi, dan penulis/penyunting buku bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (PBSID) lahir seiring dengan pisahnya FKIP Undip menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang, cikal bakal IKIP Semarang.  Melihat besarnya minat untuk kuliah di PT tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan mengubah nama IKIP Yogyakarta Cabang Semarang menjadi IKIP Semarang pada 8 Maret 1965.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bernaung di salah satu dari lima fakultas yang ada yaitu Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS) yang kemudian pada tahun 1982 diubah namanya menjadi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS).  Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 124 Tahun 1999 IKIP Semarang diubah menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 27 Januari 2000. Dengan perubahan ini, FPBS berubah nama menjadi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Akreditasi

A (unggul) berdasarkan SK Ban-PT Nomor: 1757/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018

Visi

Menjadi program studi yang menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi budaya humanis dan mampu menjadi rujukan di tingkat internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan mengimplementasikan nilai-nilai konservasi budaya humanis.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mengimplementasikan nilai-nilai konservasi budaya humanis.
  3. Menyelenggarakan pengabdian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan mengimplementasikan nilai-nilai konservasi budaya humanis.
  4. Menyelenggarakan kerjasama untuk memperoleh capaian berreputasi internasional dengan menjunjung nilai konservasi budaya humanis.

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Alamat

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung B1, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Kode Pos 50229, Telepon/Faksimili 024-8508070, email: bsi.unnes@yahoo.com

Website: http://indonesia.unnes.ac.id/

Jumlah dosen

Saat ini Prodi PBSI memiliki 29 dosen, terdiri atas 5 orang berjabatan akademik Guru Besar, 3 Doktor, 20 orang Magister/Master, dan 1 orang . Dari kualifikasi tersebut, pada tahun akademik 2011/2012 tercatat sebanyak 7 orang sedang menempuh pendidikan program Doktor dan sebanyak 1 orang sedang menempuh pendidikan program Magister.

Alumni

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah memiliki ribuan alumni yang bekerja di beberapa bidang. Selain sebagai guru dan dosen Bahasa dan Sastra Indonesia, alumni juga banyak bekerja dalam bidang pekerjaan/profesi yang lain yang masih relevan, seperti menjadi jurnalis/wartawan, praktisi bahasa, penulis/penyunting.

Kegiatan ekstrakurikuler

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi PBSI diorganisasikan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan dibantu oleh pengelola jurusan. Kegiatan mahasiswa diklasifikasikan dalam 6 bidang, yaitu bidang Pendidikan, Bakat dan Seni, Luar Negeri, Dalam Negeri, Sosial, dan Kerohanian Islam.

Kegiatan lain yang melibatkan peran mahasiswa secara aktif, ialah ekstrakurikuler Jurnalistik, Multimedia, dan Teater dan Film. Selain melatih sikap berorganisasi, kegiatan ektrakurikuler tersebut juga merupakan aplikasi dari teori dalam mata kuliah yang diajarkan, misalnya mata kuliah Jurnalistik, Media Pembelajaran, dan Pementasan Drama.

Beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan oleh mahasiswa ialah.

  1. Nana Riskhi Susanti, Penyair Panggung Terbaik II Se-Asia Tenggara, 2011;
  2. Meina Febriani, Juara I Sayembara Penulisan Proposal Pengajaran Tingkat Nasional Pusat Bahasa Jakarta, 2011;
  3. Angga Setiawan, Juara Favorit Lomba Penelitian Ilmiah Kementerian Pemuda dan Olahraga, 2011;
  4. Shikhah Amna, Liliek Handoko dan Bhayu Anggita S, meraih medali perunggu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, 2011;
  5. Orchida Septitya Trissatiti, Juara I Lomba Baca Puisi Gelar Budaya Jawa Tengah, 2011.

 Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Kurikulum Prodi PBSI disusun agar Prodi dapat melahirkan lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai yang diharapkan (expected learning outcomes) sebagai berikut:

  1. Menerapkan norma agama, pancasila, hukum, etika sosial, dan lingkungan dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Menguraikan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, pembimbingan dan pengembangan peserta didik, dan manajemen sekolah.
  3. Menganalisis konsep, prinsip, dan teori kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia, dan pembelajarannya.
  4. Memecahkan masalah kebahasaaan dan kesastraan Indonesia, dan pembelajarannya.
  5. Memproduksi karya kebahasaan dan kesastraan Indonesia lisan dan tulis secara kreatif dan inovatif.
  6. Menyusun perangkat pembelajaran aktif dan bermakna bahasa dan sastra Indonesia secara kreatif dan inovatif.
  7. Melaksanakan pembelajaran aktif dan bermakna bahasa dan sastra Indonesia secara profesional.
  8. Mengimplementasikan tata kelola perpustakaan, laboratorium, dan kewirausahaan, bahasa dan sastra Indonesia, dan pembelajarannya.
  9. Menyusun penelitian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Berikut disajikan daftar mata kuliah dan analisis kesesuaian dengan Expected Learning Outcomes (ELO).

KODE MK (CODE)

MATA KULIAH

(Course)

ELO

1 2 3 4 5 6 7 8 9
15U00012 Pendidikan Konservasi 1 4 1 1 2 1 2 2 2
15U00010 Bahasa Inggris 1 4 1 1 2 3 2 3 2
15F00029 Pengantar Ilmu Budaya 1 4 2 1 1 3 1 2 2
15P00779 Linguistik Umum 4 2 4 4 3 3 3 3 1
15P00770 Fonologi 4 2 4 4 3 2 3 3 1
15P00827 Teori Sastra 4 2 3 4 2 3 3 3 2
15J00182 Sejarah Sastra Lama 4 2 3 4 2 3 3 3 2
15J00183 Sejarah Sastra Modern 4 2 3 4 2 3 3 3 2
15P00762 Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Reseptif 4 2 3 4 3 4 4 3 3
15P00761 Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Produktif 4 2 3 4 3 4 4 3 3
15U00001 Pendidikan Agama Islam 2 4 2 2 2 1 1 1 2
15U00002 Pendidikan Agama Katholik 2 4 2 2 2 1 1 1 2
15U00003 Pendidikan Agama Kristen 2 4 2 2 2 1 1 1 2
15U00004 Pendidikan Agama Hindu 2 4 2 2 2 1 1 1 2
15U00005 Pendidikan Agama Budha 2 4 2 2 2 1 1 1 2
15U00006 Pendidikan Agama Konghucu 2 4 2 2 2 1 1 1 2
15U00007 Pendidikan Pancasila 1 4 2 1 2 2 1 1 2
15U00013 Pengantar Ilmu Pendidikan 1 4 4 3 2 2 3 2 2
15J00181 Morfologi 4 4 4 4 2 3 3 3 2
15P00773 Kajian Puisi 4 4 4 4 2 3 3 3 3
15P00772 Kajian Prosa 4 4 4 4 2 3 3 3 3
15P00771 Kajian Drama 4 4 4 4 2 3 3 3 3
15P00792 Menyimak 4 4 4 4 2 3 4 3 3
15P00786 Membaca Pemahaman 4 4 4 4 2 4 4 3 3
15P00787 Membaca Teknis 4 4 4 4 2 4 4 3 3
15U00008 Pendidikan Kewarganegaraan 1 4 2 1 2 2 2 1 2
15U00014 Psikologi Pendidikan 1 4 3 4 2 2 3 2 1
15U00016 Manajemen Sekolah 1 4 3 3 2 2 2 1 1
15J00185 Sintaksis 4 2 4 4 2 3 3 3 3
15J00184 Semantik 4 2 4 4 2 3 3 3 3
15P00756 Berbicara Publik 4 2 4 4 3 4 4 3 3
15P00791 Menulis Wacana Teknis 4 2 4 4 3 4 4 3 3
15P00767 Ekspresi Lisan Sastra 4 2 4 4 3 4 4 3 3
15P00768 Ekspresi Tulis Sastra 4 2 4 4 3 4 4 3 3
15P00778 Kurikulum Bahasa Indonesia 4 4 4 4 2 2 4 4 3
15U00015 Bimbingan Konseling 4 4 3 4 1 1 2 1 3
15P00801 Pembelajaran Menyimak 4 4 4 4 3 3 4 4 3
15P00796 Pembelajaran Berbicara 4 4 4 4 3 3 4 4 3
15P00799 Pembelajaran Membaca 4 4 4 4 3 3 4 4 3
15P00800 Pembelajaran Menulis 4 4 4 4 3 3 4 4 3
15P00795 Pembelajaran Apresiasi Sastra 4 4 4 4 3 3 4 4 3
15P00797 Pembelajaran Eskpresi Lisan Sastra 4 4 4 4 3 3 4 4 3
15P00798 Pembelajaran Ekspresi Tulis Sastra 4 4 4 4 3 3 4 4 3
15P00784 Materi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 4 4 4 4 3 3 4 4 3
15P00760 Buku Teks Bahasa Indonesia 4 4 4 4 3 2 4 4 3
15P00828 Wacana 4 2 4 4 3 2 3 3 3
15P00822 Sosiolinguistik 4 2 4 4 2 2 3 3 2
15P00825 Tata Bahasa Pendidikan 4 3 4 4 2 2 3 3 2
15P00755 Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia 4 2 4 4 3 3 2 4 2
15P00820 Sastra Populer 4 2 3 3 3 2 4 2 3
15P00785 Media Pembelajaran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3 4 4 4 4 2 4 4 4
15P00769 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3 4 4 4 3 2 4 4 3
15P00763 Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 2 2 4 2 1 2 2 2
15P00790 Menulis Karya Ilmiah 3 2 4 4 3 4 2 3 4
15P00819 Psikolinguistik 4 2 4 4 3 2 3 3 2
15P00811 Pragmatik 4 2 4 4 3 3 3 3 2
15P00776 Kesantunan Berbahasa 4 2 4 4 3 4 3 3 3
15P00777 Kritik Sastra 4 2 4 4 3 3 3 3 2
15P00765 Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3 4 4 4 3 1 4 4 3
15P00802 Pembelajaran Mikro 3 4 4 4 2 2 4 4 2
15P00793 Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 2 2 4 2 1 4 2 2
15P00823 Statistika Penelitian Pendidikan 2 2 2 4 1 1 1 2 1
15U00017 Praktik Pengalaman Lapangan  (PPL) 1 4 4 4 4 1 2 4 4 2
15U00018 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2 4 4 4 4 1 2 4 4 2
15U00019 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 4 2 4 4 1 1 2 2 1
15P00821 Seminar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3 3 4 3 2 2 4 4 3
15U00021 Skripsi 4 4 4 4 1 2 2 3 1

Keterangan Kriteria

  • = tidak berhubungan
  • = kurang berhubungan
  • = cukup berhubungan
  • = sangat berhubungan (memiliki kaitan erat)

Kata Alumni

Prodi telah mampu mengantarkan saya menjadi dosen –Prof. Dr. RUSTONO, M.Hum., dosen FBS Unnes, mantan dekan FBS, dan sekarang menjabat Kaprodi S2 dan S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, Unnes.

Dipimpin begawan-begawan prodi ini telah menghasilkan lulusan-lulusan berkarakter mantap. –MUHAMAD SAFII, Kepala SMP Negeri 1 Karangrayung Purwodadi, Guru Berprestasi tahun 2004.

Banyak hal yang saya dapatkan dari Jurusan PBSI. Bekal ilmu, pengetahuan, dan pengalaman berkegiatan dalam hal kebahasaan dan kesastraan telah menjadi modal dasar bagi saya untuk berbagi hal tersebut kepada siswa, teman-teman guru di sekolah maupun di MGMP dan mahasiswa saya di PGSD UT. Hubungan dan komunikasi yang terus terjalin dengan dosen-dosen PBSI untuk mengikuti perkembangan kebahasaan dan kesastraan semakin menguatkan saya dalam berbagai ilmu dan pengetahuan, terutama bahasa dan sastra —SEPTININGSIH, M.Pd., Kepala SMP N Bobotsari, Purbalingga.

 


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 124.328 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

35 komentar pada “Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (S1)

  1. lulusan Bhs. Indonesia kerjanya selain guru apa ya??
    sprtinya kok msh banyak lulusan S.Pd bhs indonesia yg butuh lowongan kerja..

  2. aku lulus snmptn 2013 dengan jurusan bahasa indonesia dan sastra (nk), apakah aku bisa pindah jurusan ke yang pendidikan nya..?

  3. Dengan kita berbahasa yang baik dan benar akan merubah dunia pendidikan yang lebih baik.
    dengan bahasa yang baik, benar, dan mengerti tentang etika menuju Indonesia emas 1 yaitu Indonesia yang berkarakter.

    Pesan “jangan meremehkan Bahasa Nasional ( Bahasa Indonesia)”

  4. Wow..keren bgt..memang shrusny kita melestarikan bahasa indonesia dgn bnar supaya bngsa kita sllu inget dgn jati diri bngsa indonesia yg sbenarny…

  5. Saya dari rembang, mau tanya..
    kalo anak smk peluang ketrimanya besar ato sedikit menurut pengalaman yang ada?? dan gimana tips”nya biar bisa ketrima.. Makasi.. :)

Tinggalkan Balasan ke aulia Batalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X