Profil Singkat Pimpinan dan Laporan Kekayaan

Pimpinan universitas adalah rektor. Rektor dipilih oleh anggota senat dan Mendikbud pada suatu rapat senat untuk masa jabatan 5 tahun.  Pemilihan rektor dilaksanakan sesuai Permendiknas Nomor 8 tahun 2011 tentang Statuta Unnes. Rektor dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh wakil rektor. Tugas rektor dan wakil rektor menjalankan fungsi pengelolaan universitas secara keseluruhan;  menyusun dan/atau menetapkan kebijakan akademik,  norma akademik;  menyusun dan/atau mengubah rencana pengembangan jangka panjang 25 tahun Unnes dan renstra lima tahun UNNES;  mengelola pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan rencana kerja dan anggaran tahunan UNNES, membina sivitas akademika, serta menjalin hubungan baik di lingkungan universitas dan masyarakat. Berikut adalah susunan pimpinan Universitas Negeri Semarang periode 2014 – 2018 :

Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum

Rektor

Profesor bidang sosiolingustik Fakultas Bahasa dan Seni Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum lahir di Banyumas, Jawa Tengah, 12 Desember 1966.  Pendidikan doktor bidang linguistik diperoleh dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2003. Dia dikukuhkan menjadi Guru Besar pada 22 Juni 2006 dengan orasi “Mengembangkan Komunikasi Lintas Budaya yang Bermakna dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Sosiolinguistik”.

Sebelum diangkat menjadi rektor beliau menjadi pejabat Rektor pada tahun 2013 – 2014. Tahun 2007 – 2015 beliau menjabat sebagai Wakil Rektor IV.

Alamat : Gedung H Rektorat Universitas Negeri Semarang Lt. 2

Telp/fax : 024-8508081/82

Laporan Kekayaan Fathur Rokhman

X