Sinden Idol UNNES Digelar Lagi, Ini Jadwalnya….

Jumat, 9 Februari 2018 | 14:58 WIB


Universitas Negeri Semarang kembali menyelenggarakan ajang pencarian sinden muda berbakat, Sinden Idol. Dijadwalkan, final ajang bergengsi yang bakal terselenggara untuk kali keempat dan telah menjadi ikon Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional ini akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, 21 April 2018.

Ketua Panitia Sinden Idol 4 yang juga Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNNES, Prof Dr Agus Nuryatin MHum, mengatakan Sinden Idol 4 membuka dua kategori, yaitu pelajar dan mahasiswa/umum. Peserta kategori pelajar disyaratkan sedang menempuh pendidikan di SMP dan SMA/sederajat. Sedangkan untuk mahasiswa/umum, peserta disyaratkan berusia maksimal 30 tahun.

Audisi tahap 1 akan dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online dan audisi langsung. Melalui cara online, calon peserta dapat memperlihatkan kepiawaiannya dalam nembang melalui rekaman video. Video tersebut dapat dikirimkan melalui tautan yang sudah disediakan panitia. Peserta juga dapat melakukan audisi dengan datang langsung ke Kampung Budaya UNNES kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, pada 14 April 2018, pukul 07.30.

Pendaftaran peserta dilakukan secara daring (online) hingga 13 April 2018. Dari seluruh pendaftar, juri yang terdiri atas praktisi dan akademisi akan mengambil sebanyak 50 peserta yang akan diseleksi lagi menjadi 10 orang finalis dalam audisi tahap 2. Mereka yang lolos 10 besar diwajibkan mengikuti karantina hingga waktu final. Selain diisi pelatihan materi wajib dan pilihan untuk dibawakan saat malam final, peserta yang menjalani masa karantina akan mendapatkan bekal materi terkait dunia persindenan.

Sinden Idol akan mencari juara I, II, dan III. Dalam ajang ini, UNNES juga bakal memberi penghargaan kepada sinden sepuh yang dinilai telah banyak memberi kontribusi dan mendedikasikan hidupnya untuk jagat seni tradisi ini.

Sebagai informasi, Sinden Idol 1 diselenggarakan UNNES pada 2012 dan dijuarai oleh Lina Rohmiyati dari Wonogiri; Sinden Idol 2 pada 2014 dijuarai oleh Dhesy Purnawati, alumnus Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES dari Blora; Sinden Idol 3 pada 2016 dijuarai oleh Mambaul Khasanah dari Trenggalek.

 

  • Daftar menjadi peserta PELAJAR AUDISI ONLINE (audisi lewat kirim video) di sini.
  • Daftar menjadi peserta PELAJAR AUDISI LANGSUNG di sini.
  • Daftar menjadi peserta MAHASISWA/UMUM AUDISI ONLINE (audisi lewat kirim video) di sini.
  • Daftar menjadi peserta MAHASISWA/UMUM AUDISI LANGSUNG di sini.

Unduh petunjuk pelaksanaan Sinden Idol 4 Kategori Mahasiswa/Umum DI SINI.

 

Tanggal Penting Sinden Idol 4

ACARA WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran 9 Februari—13 April 2018 Peserta mendaftar secara daring/ online melalui tautan di atas.
Audisi
14 April 2018 Di Kampung Budaya, pukul 07.30.
Pengumuman 14 April 2018 Pengumuman 10 besar/ finalis akan dilakukan setelah audisi
Karantina 20—21 April 2018 10 finalis wajib mengikuti karantina di UNNES, kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang.
Final 21 April 2018 Final akan menentukan juara I, II, dan III.

 


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.993 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro
X